Ini 13 kategori pelanggaran HAM di Aceh menurut Human Rights Watch

PENELITI dari Human Rights Watch (HRW), Andreas Harsono, menyebutkan ada 13 kategori pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) yang pernah terjadi di Aceh.

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Rancangan Qanun Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (Raqan-KKR), di ruang serbaguna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Rabu, 17 April 2013.

"Kami sudah sejak 20 tahun melakukan penelitian HAM di Aceh. Ada 13 berbagai pelanggaran HAM yang pernah di Aceh," ujar Andreas Harsono.

Dia menyebutkan 13 kategori pelanggaran HAM yang pernah terjadi di Aceh, yaitu pembunuhan ekstrajudisial, penyerangan terhadap kaum sipil, penghilangan paksa, penyiksaan dan perlakuan sewenang-wenang, kekerasan seksual, penahanan sewenang-wenang dan pelanggaran proses hukum, pemindahan paksa, penjarahan dan perampasan saat perang.

Selain itu, kata dia, pemalakan dan pembatasan kegiatan ekonomi, ancaman intimidasi dan pembatasan yang tak baik terhadap wartawan domestik maupun internasional, pembatasan ruang gerak, pembakaran sekolah dan kewajiban jaga malam.

Human Rights Watch adalah organisasi independen untuk promosi dan perlindungan HAM. Dimana, organisasi ini telah menerbitkan laporan pertama pada Desember 1990, yaitu Human Right Abuses in Aceh.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply