Ini 10 penyakit tertinggi di Aceh Barat Daya

KEPALA Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Martunis, mengatakan setiap daerah pasti memiliki 10 besar penyakit tertentu. Hal yang sama juga terjadi di kabupaten itu.

Hal itu disampaikan Martunis kepada ATJEHPOSTcom siang kemarin, Kamis, 25 April 2013. Adapun sepuluh jenis penyakit itu adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut, penyakit sistem dan jaringan lainnya, common cold, penyakit kulit alergi, hipertensi atau darah tinggi, penyakit kulit karena infeksi, diare, scabies, penyakit kulit karena jamur, dan penyakit infeksi pada usus

“Masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah selalu berobat saat sakit sedangkan masyarakat yang ekonominya menengah ke atas melakukan check up,” ujarnya.

Di Abdya katanya, masih sangat minim masyarakat yang memeriksakan kesehatannya atau lazimnya disebut check up sebelum sakit. Ada pula yang tidak mau memeriksakan kesehatannya karena tidak siap dengan hasil diagnosa dokter nantinya.

“Tidak mampu menerima kenyataan kalau seseorang itu menderita penyakit ini, padahal ia belum sakit tetapi masih gejala saat dilakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini juga menjadi penyebab sehingga tidak melakukan pemeriksaan bahkan ada yang putus asa ketika mengetahui penyakit yang dideritanya,” katanya.

Martunis juga mempertanyakan, jika ada pernyataan dari seseorang yang mengatakan dirinya sehat sementara ia belum pernah memeriksakan kesehatannya. Pemahaman masyarakat di daerah itu mengenai kesehatan katanya masih minim. Untuk itu, tahun 2014 mendatang program dari Dinkes Abdya lebih besar pada tindakan preventif. Tindakan yang diambil berupa penyuluhan, agar angka kesakitan di masyarakat bisa berkurang.

“Kita akan meningkatkan Dinas Kesehatan, Puskesmas, Polindes, Pustu dan bidan desa harus sinergi dalam meningkatkan pelayanan dan penyuluhan kesehatan. Hal tersebut ke depan juga akan kita lakukan promosi kesehatan,” katanya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply