Ingin Tidur Lelap? Jauhkan Hal Ini Dari Tempat Tidur

INGIN tidur Anda lelap dan terhindar darimimpi buruk? Caranya tidaklah sulit, kondisikan kamar tidur Anda menjadi dingin, gelap, tenang dan jauhkan beberapa barang dari kasur.  

Berikut ini beberapa hal yang harus dijauhkan dari tempat tidur untuk memperoleh tidur lelap dan nyaman:

Ponsel. Walau kerap digunakan sebagai alarm, keberadaan ponsel di tempat tidur justru mengganggu kualitas tidur Anda. Layar ponsel akan mengganggu otak dan tubuh, serta memicu hormon melatonin. Hormon ini akan membuat Anda sulit tidur. 

( Baca: Ingin Tahu Kerugian Tidur Bersama Ponsel Anda? )

Pekerjaan. Tidak disarankan peralatan penunjang kerja seperti laptop, komputer, tablet dan sebagainya ditempatkan pada kamar tidur. Sebuah data menunjukkan sebanyak 80 persen profesional muda juga bekerja di atas tempat tidur. 

Binatang peliharaan. Mungkin Anda mempunyai hewan peliharaan yang menggemaskan dan menyenangkan bisa bermain di atas tempat tidur. Faktanya, penelitian di tahun 2014 mendapati 30 persen orang yang berbagi tempat tidur dengan binatang peliharaannya akan terbangun setidaknya satu kali tiap malam. Binatang peliharaan pun akan meningkatkan risiko alergi.

Makanan. Anda pernah melihat film yang menampilkan pasangan membawakan sarapan ke temapt tidur? Nampaknya itu bukanlah contoh yang baik. “Saya tidak pernah menyarankan makan di tempat tidur, sama sekali tidak,” ujar Kadi Dulude, pemilik New York City cleaning service, Wizard of Homes. Menurutnya, jagalah kamar tidur sebagai tempat hanya untuk beristirahat, tidak lebih.

( Baca: Berikut Risiko Makan di Tempat Tidur )

Buku. Anda termasuk golongan orang yang harus membaca sebelum tidur? Mungkin Anda harus mencari tempat membaca selain di tempat tidur. Pasalnya ahli mengungkap bahwa idealnya, kamar tidur hanya untuk tidur maupun seks. Ketika Anda membaca dan selalu berhasrat menyelesaikan buku, maka kegusaran akan menghinggapi. Hal ini akan menurunkan kualitas tidur Anda.

Berikut beberapa hal yang harus dijauhkan dari tempat tidur untuk memperoleh tidur lelap dan nyaman. | sumber: nationalgeographic.com

  • Uncategorized

Leave a Reply