Indonesia sambut terbentuknya pemerintahan Palestina bersatu

INDONESIA menyambut baik terbentuknya kabinet persatuan Palestina pada 2 Juni.Dengan perkembangan tersebut, Indonesia mengharapkan agar pemerintah persatuan dapat mempermudah upaya-upaya pemerintah Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Hal ini juga akan semakin mengokohkan posisi Palestina di antara bangsa-bangsa di dunia.Demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui siara pers, Senin (9/6).

Menyusul terbentuknya pemerintah persatuan di Palestina, Indonesia mendukung pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan presiden di Palestina.

Pemerintah Indonesia juga siap bekerja sama dengan pemerintah persatuan Palestina untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat kedua bangsa.

Presiden Palestina Mahmud Abbas pekan lalu melantik pemerintahan bersatu antara Hamas dan Fatah setelah dalam menit-menit akhir terjadi perselisihan di antara dua faksi itu.

Kabinet pemerintahan bersatu ini terdiri dari 17 menteri, lima di antaranya berasal dari Gaza, dan dipimpin oleh Perdana Menteri Rami Hamdallah.

Hamas dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang didukung negara Barat dan didominasi orang dari partai Fatah, secara mengejutkan menandatangani perjanjian perdamaian pada 23 April lalu.[] sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply