Indonesia, Laboratorium Tanaman Obat Terbesar di Dunia

Indonesia adalah salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia. Sekitar 80 persen herbal dunia tumbuh di negeri ini. Indonesia memiliki sekitar 35 ribu jenis tumbuhan tingkat tinggi, 3.500 diantaranya dilaporkan sebagai tumbuhan obat.

“Nenek  moyang kita memanfaatkan flora kekayaan alam itu dengan cerdas. Dikenal istilah jamu untuk menyebut ramuan dari tanaman obat,” kata Paramasari Dirgahayu, dr.PhD pada pidato orasi ilmiah  Aktualisasi Kearifan Lokal Bidang Kesehatan Untuk Mewujudkan Pembangunan Melenium (MDGs), pada Dies Natalis ke -36 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) di Kampusnya Kentingan, Solo, Senin.

Indonesia merupakan mega senter keanekaragaman  hayati terbesar di dunia berupa tumbuhan tropis dan biota laut, memiliki kurang lebih 30.000 jenis tumbuhan dan sekitar 7.000 di antaranya berkhasiat obat.

Terdapat 45 macam obat penting yang beredar di Amerika Serikat (AS) berasal dari 14 species tumbuhan Indonesia. Termasuk, vinblastin dan vincristin (obat anti kanker) yang berasal dari tanaman tapak dara.

Meningkatnya ilmu pengetahuan teknologi di bidang kedokteran, peningkatan kapasistas peneliti Indonesia, secara prasarana laboratorium berbasis biomolekular dan dukungan funding dari pemerintah dan instansi farmasi, maka pengembangan herbal medicine berbasis teknologi modern ini sesungguhnya merupakan  peluang yang sangat besar dalam menghadapi permasalahan kesehatan di masyarakat dalam era persaingan global ini. [sumber: sehatnews.com]

  • Uncategorized

Leave a Reply