Indonesia Butuh 4,76 Juta Wirausahawan

JAKARTA – Penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausaha masih terbilang minim dan terbatas. Jumlah penduduk yang berwirausaha saat ini baru mencapai angka 0,18 % dari jumlah 238 juta penduduk Indonesia.

Padahal, idealnya, agar Indonesia bisa berdaya saing tinggi dibutuhkan paling sedikit 2% dari 238 juta penduduk Indonesia atau sekitar 4,76 juta orang wirausaha baru dengan beragam profresi dan keahlian.

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berkomitmen untuk mendukung program-program peningkatan kualitas dan kuantitas kewirausahaan di Indonesia.

"Wirausaha menjadi salah satu pilar ekonomi nasional yang tangguh menghadapi krisis ekonomi global sekaligus solusi mengurangi kemiskinan serta menyerap pengangguran," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 13 Oktober 2012.

Hal tersebut diungkapkan Muhaimin dalam keterangan persnya seusai  membuka Gelar Wirausaha Produktif  yang berlangsung selama 2 hari mulai 13-14 Oktober di Supermall  Pakuwon Surabaya.

Gelar wirausaha produktif ini diikuti 76 stand wirausaha yang telah terdiri dari Alumni pemagangan Jepang, Alumni pelatihan Balai Latihan Kerja, Balai Peningkatan Produktivitas Daerah ( BPPD), kelompok Usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) serta desa produktif.

Muhaimin mengatakan wirausaha telah teruji kehandalannya di tengah krisis ekonomi tahun 1998 dan mampu bertahan tanpa tergantung kondisi moneter internasional.

"Dengan semangat kewirausahaan yang inovatif, kreatif dan berdaya saing, para pelaku wirausaha ini menjadi ujung tombak sektor Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) dan Koperasi yang mampu menciptakan lapangan kerja baru," kata Muhaimin.

Hampir 98 % para pelaku bisnis di Indonesia, kata Muhaimin, tergolong dalam kelompok UMKM, maka kekuatan untuk menumbuhkan kelompok usaha ini harus menjadi prioritas pembangunan nasional.

"Kemenakertrans bekomitmen menggelar pelatihan wirausaha di 33 provinsi seluruh Indonesia. Kita targetkan sesuai RPJM 2010-2014  bakal ada 40 ribu wirausahawan baru yang merupakan program prioritas nasional,” kata Muhaimin. | sumber: mediaindonesia

  • Uncategorized

Leave a Reply