Ilmuan: Titanic Tenggelam Karena Bulan!

Para Ilmuan berpendapat gunung es yang menenggelamkan Titanic merupakan akibat saat itu Bulan sedang dalam paling dekat dengan bumi yang terjadi dalam 1.400 tahun sekali.

Sebuah peristiwa sekali dalam seumur hidup, bulan menciptakan air pasang super tinggi pada 12 Januari 1912, dan membawa bongkahan es besar ke jalur pelayaran Titanic sehingga kapal tersebut menabrak es pada 14 April 1912 dengan korban mencapai 1.500 orang.

Gunung es Greenland dengan jenis yang ditabrak Titanic biasanya terpancang di perairan dangkal Labrador dan Newfounland.

"Hubungan Bulan mungkin menjelaskan bagaimana sangat banyak gunung es berada di jalur Titanic," kata Donald Olson, ahli fisika di Texas State University yang tim ahli astronomi forensiknya meneliti peran Bulan.

“Karena besarnya, gunung es itu tak bisa terus bergerak ke arah utara sampai cukup mencair, dan bisa mengapung lagi atau air pasang tinggi membebaskannya,” kata Olson.

Tapi Olson juga menambahkan, penyebab utama kecelakaan adalah kapal menabrak gunung es. Titanic gagal memperlambat kecepatan, bahkan setelah menerima pesan beberapa peringatan adanya gunung es didepan.| DEDE RIYADI| dailymail
 

  • Uncategorized

Leave a Reply