I Love Aceh, Berbagi Aceh Lewat Twitter

Meski berbagai jenis jejaring sosial lain bermunculan, namun popularitas Twitter tampaknya tetap bersinar. Penggunaan Twitter bagi sebagian kalangan bukan cuma sebagai tempat untuk berkicau, namun bermanfaat untuk mendongkrak pamor personal atau organisasi.

Banyak petinggi negara atau daerah memilih untuk membuat akun di Twitter, agar bisa berinteraksi secara bebas dengan masyarakat. Salah satunya adalah orang nomor dua di Aceh yaitu Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf. Untuk berinteraksi dengan Wagub Muzakir Manaf bisa follow Twitternya di @WagubMualem.

Dengan karakteristiknya yang hanya bisa memposting tulisan sepanjang 140 karakter, Twitter dinilai lebih efektif dan cepat dalam menyebarkan informasi di internet. Bahkan dewasa ini banyak kejadian-kejadian yang belum dipublikasikan di media mainstream sudah duluan tersebar di Twitter.

Salah satu komunitas Twitter yang paling aktif di Aceh adalah I Love Aceh. Di kalangan pengguna Twitter, akun @iloveaceh pasti sudah sangat populer. Komunitas ini didirikan oleh seorang putra Aceh bernama Aulia Fitri pada 23 Februari 2010 lalu. Dalam kurun waktu tersebut @iloveaceh begitu gencar mempromosikan Aceh di dunia maya.  

Ide awal lahirnya I Love Aceh, sebagaimana dikutip dari website resminya, berawal dari banyaknya jumlah pengguna Twitter aktif di Aceh. Konsep yang dijalankan awalnya juga sangat sederhana, hanya mengawali update status tentang #Aceh, menyapa orang-orang Aceh lewat tweets dan pada akhirnya @iloveaceh digunakan sebagai akun publik.

Hingga hari ini Senin, 3 Maret 2014 akun @iloveaceh memiliki 42 ribu lebih followers. Fantastis bukan? Dari hari ke hari jumlah followernya memang terus meningkat, karena banyak orang-orang dari luar yang ingin mengetahui informasi tentang Aceh berawal dari Twitter.

Usia empat tahun bukanlah usia yang muda untuk sebuah komunitas di media sosial. I Love Aceh sudah melakukan banyak terobosan selain mempromosikan Aceh. Para tim yang terlibat di belakang layar mengemas fungsi sosial media tersebut menjadi sarana diskusi yang dikenal dengan #suarawarga. Informasi lainnya dikemas secara beragam dengan tagar-tagar khusus seperti tagar #infowarga#tanyawarga#fotowarga#infoevent. 

Dengan konsep komunikasi dua arah ini, tak heran jika @iloveaceh menjadi ‘primadona’ di jagat pengguna Twitter di Aceh. Untuk mendukung kinerja komunitas, pengelolanya sepakat untuk membuat payung hukum di bawah ILATeam Management. Tim manajemen inilah yang men-support komunitas agar terus hidup.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply