Hmm, 60 Mantan Penanam Ganja Diberdayakan Tanami Karet

BIREUEN – 60 orang bekas penanam ganja diberdayakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bireuen untuk menanam karet masing-masing di areal satu hektare.

Program bantuan dilaksanakan BNNK Bireuen tahun anggaran 2012 dengan dana Rp2,5 miliar dari provinsi. Pada tahap pertama sasaran bantuan kepada 60 orang mantan penanam ganja di Kecamatan Peusangan Selatan, Bireuen.

Kepala BNNK Bireuen, Bani Amin, mengungkapkan hal tersebut pada acara "Advokasi Tentang Implementasi Inpres No 12 Tahun 2011” kepada puluhan peserta dari instansi pemerintah di aula Hotel Djarwal, Bireuen, Selasa 8 Mei 2012.

Bukan hanya diberikan lahan dan 500 bibit karet, kata Bani, masing-masing penerima juga diberikan biaya pembangunan pagar, pembersihan lahan (land clearing), dan biaya hidup selama lima bulan.

Bani mengatakan bila memungkinan bantuan serupa diberikan kepada mantan penanam ganja yang telah bertobat pada tahun berikutnya. "Supaya mereka bisa mendapatkan nafkah tanpa melanggar aturan," ujarnya.

Acara advokasi Inpres No 12 tahun 2011 tentang pelaksanaan kebijakan dan strategi nasional pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) itu digelar dua hari 8-9 Mei 2012.

Tujuan kegiatan untuk menciptakan kesepahaman dan kesepakatan dalam mengambil kebijakan, solusi, dalam melakukan program P4GN di Kabupaten Bireuen. Turut hadir Bupati Bireuen Nurdin Abdul Rahman, Kapolres Bireuen AKBP Yuri Karsono SIK, dan Kajari Bireuen Thohir SH. []

  • Uncategorized

Leave a Reply