Home Histori DPR Aceh: Para Pihak Harus Mendorong Kurikulum Sekolah Berisi Sejarah Aceh

DPR Aceh: Para Pihak Harus Mendorong Kurikulum Sekolah Berisi Sejarah Aceh

65
0

BANDA ACEH – Anggota Komisi VII Bidang Agama dan Budaya DPR Aceh, Nurzahri, meminta para pihak untuk mendorong penyelamatan sejarah Aceh. Salah satunya menciptakan kurikulum muatan lokal yang berisi sejarah Aceh.

Hal ini disampaikan Nurzahri dalam Kajian Inspiratif Portal Satu (KIPaS) yang dilaksanakan oleh portalsatu.com di kantor redaksi hari ini, Jumat, 8 Mei 2015.

“Jangan sampai buku sejarah di sekolah dominan dari Jakarta. Sejarah lokal juga harus sebanding. Artinya ini pekerjaan bersama yang melibatkan banyak pihak,” kata Nurzahri.

Selain itu, Nurzahri juga mengaku sangat menghargai kemauan keras para pemerhati sejarah dan situs di Aceh.

“Tapi ini butuh kerja keras menyadarkan semua pihak. Lihat saja mana ada caleg yang kampanye isyu sejarah atau bupati, wali kota dan gubernur, bahkan kampanye presiden sekalipun. Ini kendala yang harus diterobos,” katanya.

Demikian juga soal anggaran atau qanun. Kata Nurzahri, anggaran yang terbatas sehingga kemudian kasus ini kalah secara prioritas dalam ukuran kebutuhan.

“Jadi butuh kerja bersama agar penyelematan sejarah menjadi kesadaran kolektif. Sehingga status kegiatan ini menjadi prioritas. Sehingga bisa ada anggaran penelitian atau anggaran kegiatan yang sifat mendorong pada penyelamatan sejarah,” katanya. [] (mal)