Home Histori Ada Makam Tokoh Siak di Situs Siron?

Ada Makam Tokoh Siak di Situs Siron?

133
0

BANDA ACEH – Tim Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) menemukan satu nisan tokoh asal Siak di situs bersejarah Aceh, di Dusun Lampoeh Raya, Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu , 30 Agustus 2015. Hal ini diketahui berdasarkan hasil bacaan inkripsi yang ditemukan di situs tersebut pada Senin, 31 Agustus 2015.

“Nisan yang berada di Siron ini tampaknya memiliki suatu hubungan dengan Siak. Inskripsi di satu sisi nisan berbunyi هذا القبر …؟ سياء ini kubur… (?) Siak (dengan hamzah, bukan dengan kaf). ان شاء الله تعالى Jika dikehendaki Allah Ta’ala [niscaya] أعطاه الله Allah pasti memberikan kepadanya,” ujar Sekjen Mapesa, Mizuar Mahdi, kepada portalsatu.com, mengutip keterangan Musafir Zaman yang mengunggah hasil inskripsi tersebut dalam akun facebooknya.

Dia mengatakan jika menilik sejarah, Aceh memang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Kerajaan Siak di masa lalu. Pengakuan itu sering datang dari para pakar sejarah Riau sendiri.

“Namun sejak kapan hubungan itu telah terjalin, tentu, masih perlu pengkajian yang lebih luas. Saya kira, penyelidikan tentang hal ini perlu dilanjutkan,” kata Mizuar.

Sebelumnya diberitakan, Mapesa mengadakan meuseuraya atau gotong-royong membersihkan dan menata situs bersejarah Aceh, di Dusun Lampoeh Raya, Gampong Siron,Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu , 30 Agustus 2015.

“Ini merupakan meuseuraya pekan ke empat pascalebaran. Kali ini, Mapesa beserta masyarakat meuseuraya di kompleks makam Teungku Di Geudong (Jrat Manyang),” ujar Mizuar Mahdi, Sekretaris Jenderal Mapesa melalui siaran pers diterima portalsatu.com, Senin, 31 Agustus 2015.

Berdasarkan hasil pengamatan Mapesa dari tahap ekspedisi sampai dilaksanakan meuseuraya, di kompleks ini terdapat beberapa makam bertipologi nisan Aceh Darussalam dari periode Abad ke-16 Masehi sampai 19 Masehi, baik dari seni penulisan kaligrafi dan corak ornamen yang terdapat pada nisan. (Baca: Mapesa Meuseuraya di Kompleks Makam Teungku Di Geudong).[]

Foto: Inskripsi yang memuat nama serta sebuah negri yang bernama siak. @Dok Mapesa