Hindari Razia, Pengendara Sepeda Motor di Aceh Utara Lintasi Padang Ilalang

Hindari Razia, Pengendara Sepeda Motor di Aceh Utara Lintasi Padang Ilalang

LHOKSUKON – Puluhan pengendara sepeda motor rela melewati tanggul irigasi dan padang ilalang untuk menghindari razia yang digelar Satuan Lalu-lintas Polres Aceh Utara, Selasa 5 Agustus 2015 siang.  Hal itu rela dilakukan mereka karena tidak memakai helm dan tidak memiliki dokumen lengkap kendaraan.

“Dokumen saya lengkap, baik itu STNK atau SIM. Hanya saja istri saya tidak memakai helm. Dari pada ditangkap polisi dan harus bayar denda, mending saya lewat jalur ini. Meski sulit dan istri harus turun dari sepeda motor, itu lebih baik dari pada harus keluar duit,” kata Sulaiman, 45 tahun, warga Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara kepada portalsatu.com.

Ditambahkan, dirinya mengetahui jalur alternative itu setelah bertanya-tanya kepada masyarakat Kota Lhoksukon.

“Tadi di pusat pertokoan Kota Lhoksukon saya disarankan masuk ke jalan Lorong III. Setelah itu naik ke lokasi tanggul irigasi dan turun melalui jalur ilalang Desa Trieng yang langsung tembus ke jalan lintas Medan – Banda Aceh,” ujarnya.

A Nur Mujib, 34 tahun, salah seorang pemilik bengkel motor di Desa Trieng membenarkan. Padang ilalang yang berada di lahan kosong samping bengkelnya kerap dijadikan jalur alternative oleh para pengendara yang menghindari rajia lalu-lintas.

“Lahan kosong itu kan jalannya tidak rata dan tidak kelihatan dasar tanahnya karena dipenuhi ilalang. Belum lagi banyaknya sisa kayu bekas bangunan, bahkan mungkin pecahan beling. Alhasil banyak sepeda motor yang sering gembos ban dan mengalami kerusakan rantai setelah melewati jalur tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, jalur itu biasanya digunakan warga untuk pergi ke sawah dan mengangkut hasil panen padi. Karena jaraknya lebih dekat jika dibandingkan harus melintasi tanggul irigasi yang menembus samping Masjid Matang Ubi, persisnya di depan MTsN Lhoksukon.

“Ini sudah menjadi pemandangan yang biasa saat razia. Terkadang saya yang melihat malah lucu, ada juga pasangan muda-mudi yang melintas. Pria naik sepeda motor, yang wanita malah disuruh dorong. Alasannya karena motor gak mau jalan jika naik berduaan. Jika bengkel sedang ramai, kadang juga menjadi bahan ledekan,” kata Mujib tertawa. [] (mal)

Foto : Pengendara sepeda motor melewati ilalang untuk menghindari razia yang digelar Satuan Lalu-lintas Polres Aceh Utara. @Zulkifli Anwar/portalsatu.com

Leave a Reply