Hindari Provokasi Soal Aliran Sesat, Dinas Syariat Islam Bireuen Bekali Pemuda

BIREUEN – Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen membekali ratusan pemuda perwakilan dari seluruh kecamatan di kabupaten itu dalam upaya menangkal penyebaran aliran sesat. Kegiatan digelar di aula Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Senin 19 November 2012.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen Saifullah, mengatakan pembekalan kepada para pemuda itu digelar dalam lima angkatan selama lima hari. Dalam satu angkatan diikuti 100 pemuda. Peserta masing-masing 20 orang berasal dari setiap kecamatan.

“Kepada peserta diberikan pemahaman tentang kriteria aliran sesat sebagaimana keputusan MPU Aceh dengan pemahaman yang benar. Pemuda peserta pembekalan menjadi bagian dari pengawasan tentang penyebaran aliran sesat, sehingga menghindari provokasi pihak tertentu dengan modus aliran sesat,” ujar Saifullah.

Saifullah menyebutkan dalam teori aplikasi, secara singkat ada tiga pilar utama tegaknya syariat Islam sebagai agama dan ideologi. Jika salah satu pilar ini runtuh, penerapan syariat Islam dan hukum-hukumnya akan mengalami penyimpangan dan Islam sebagai agama ideologi akan hilang di masyarakat.

“Pilar tersebut adalah pilar ketaqwaan individu yang mendorongnya terikat pada hukum syarak, kontrol individu dan masyarakat dengan amar makruf nahi mungkar, dan pilar ketiga adalah penguasa yang menerapkan syariat Islam secara utuh melalui institusi negara,” katanya.

Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen mendatangkan pemateri antara lain Ketua MPU Kabupaten Bireuen Tgk Hanafiah Hamzah, ulama dayah, Tgk M Yusuf A Wahab, Kepala Kantor Kemenag Bireuen Zulhelmi A Rahman, Kadis Syariat Islam Bireuen Saifullah serta pemateri lainnya.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply