HIMAB: Pembangungan Jalan Tembus Hidupkan Perekonomian Masyarakat

Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Aceh Besar, Asy’ari, mengatakan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh perlu memasukkan usulan program pembangungan 14 ruas jalan yang pernah dikerjakan tahun lalu. Mengingat akses jalan merupakan keperluan yang sangat penting bagi masyarakat Aceh.

Hal itu disampaikan Asy’ari kepada ATJEHPOST.co hari ini, Selasa, 13 Januari 2015. Ia mencontohkan sulitnya akses masyarakat Aceh Besar yang berada di Kecamatan Lhoong, yang ingin pergi ke Jantho, ibu kota Kabupaten Aceh Besar.

Pasalnya belum ada jalan yang menghubungkan langsung antara Lhoong-Jantho, sehingga harus melewati Banda Aceh terlebih dahulu. Kondisi yang sama juga dialami masyarakat Krueng Raya, Aceh Besar.

"Membutuhkan waktu yang cukup lama, dan biaya yang lumayan besar untuk menuju Jantho," katanya.

Ia berharap pemerintah segera merealisasikan jalan tembus Lhoong-Jantho dan Krueng Raya-Lamteuba-Jantho.

Dengan adanya jalan tembus tersebut akan lebih menghidupkan sistem perekonomian masyarakat. Selain itu juga membuat masyarakat yang ingin mengurus keperluan administrasi lebih efektif dan efisien.

Ia juga meminta DPRA mengevaluasi kembali pemenang tender pembangunan ruas jalan tembus tahun lalu. “Mengingat ini merupakan sebagian dari pada proses pengawasan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, DPR Aceh untuk APBA 2015 akan memprioritaskan dua program andalan. Salah satunya adalah prioritas pembangunan jalan tembus 14 ruas jalan di Aceh. Jalan tembus tersebut berada di poros tengah, barat-selatan dan beberapa poros lainnya. Baca: DPR Aceh Rencanakan Subsidi Iuran Listrik Bagi Warga Miskin.[]

Laporan Saiful Haris

  • Uncategorized

Leave a Reply