Hilangkan Stres Hanya dalam 2 Menit? Ini Caranya!

KETIKA masih kecil, kita melakukan beberapa hal sederhana untuk menghilangkan kesedihan. Misalkan makan permen, menghisap jempol, atau lainnya. Ketika dewasa, rasanya tak bisa semudah itu menghilangkan stres.

Eits, tapi jangan kecewa dulu. Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres hanya dalam waktu singkat. Seperti apa? Berikut caranya, seperti dilansir oleh Today Health (13/12).

1. Tersenyum
Tersenyum dan memasang wajah bahagia bisa membuat Anda merasa lebih baik. Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang yang tak bisa mengekspresikan kemarahan mereka cenderung lebih cepat merasa tenang. Jadi, 'memaksa' diri tersenyum tak ada salahnya, sampai Anda merasa benar-benar baikan.

2. Menghangatkan tangan
Ketika merasa takut dan cemas, sistem saraf akan mempengaruhi aliran darah dan membuat tangan terasa dingin. Cara mengatasinya? Hangatkan saja tangan Anda. Tangan yang hangat memberikan sinyal positif pada sistem saraf dan membantu Anda lebih tenang.

3. Bersedekah
Penelitian di University of Columbia menunjukkan bahwa mendonasikan atau menyumbangkan uang membuat seseorang merasa lebih senang dibanding dengan menggunakan uang tersebut untuk membeli barang. Memberi sesuatu pada orang lain juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang.

4. Gandum utuh
Ketika merasa bad mood dan marah Anda bisa mengonsumsi cemilan berbahan gandum atau karbohidrat. Karbohidrat mampu meningkatkan gula darah dan memicu serotonin. Hormon ini kemudian akan menenangkan dan memberikan rasa positif pada seseorang. Selain gandum utuh, Anda juga bisa mengonsumsi cokelat untuk meredakan stres.

5. Berkebun
Penelitian tahun 2011 di Belanda menunjukkan bahwa berkebun selama 30 menit bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Siapa sangka hobi berkebun bisa menyehatkan bagi mental.

6. Peluk diri sendiri
Ketika Anda merasa pesimis pada diri Anda, otak akan mengeluarkan sinyal negatif dan membuat kecemasan Anda lebih besar. Cara mengatasinya, cobalah memeluk diri Anda sendiri dan peluklah dengan erat. Bahkan sentuhan Anda sendiri bisa membuat Anda merasa tenang dan lebih bahagia.

7. Bernapas
Mengambil napas dalam memang penting dan ampuh untuk meredakan stres. Namun ternyata mengeluarkan napas lebih penting. Peneliti mengatakan bahwa ketika mengeluarkan napas, Anda mempengaruhi sistem parasimpatik dan menurunkan detak jantung.

8. Olahraga
Hanya berolahraga selama dua menit mampu membuat mood Anda berubah. JIka tak suka olahraga, Anda bisa lakukan apapun yang bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Misalkan menari atau bermain.

9. Olahraga lidah
Menggerakkan rahang dan membuat lidah santai akan mengirimkan sinyal pada sistem limbik untuk menurunkan hormon stres adrenalin dan kortisol. Caranya mudah, cukup keluarkan lidah dan buat rahang Anda rileks. Latihan ini akan membuat tubuh merasa lebih tenang.

10. Manjakan tubuh
Ketika merasa stres atau cemas, Anda bisa menurunkannya dengan memanjakan tubuh. Misalkan mandi, mendengarkan musik, pijat, atau hal lain yang membuat tubuh Anda nyaman.

Apakah Anda merasa stres saat ini? Saatnya mencoba cara-cara di atas. Tak butuh waktu terlalu lama, namun Anda bisa langsung merasakan manfaatnya.| sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply