Hendak Ditangkap, Dua Jaksa Anti Erdogan Kabur ke Georgia

Hendak Ditangkap, Dua Jaksa Anti Erdogan Kabur ke Georgia

ISTANBUL – Dua orang jaksa yang terlibat dalam penyelidikan suap terhadap orang-orang dekat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kabur ke Georgia, beberapa jam setelah surat penahanan mereka diterbitkan. Demikian dikabarkan media pemerintah, Selasa (11/8/2015).

Kantor kejaksaan Istanbul, Senin (10/8/2015), memerintahkan penangkapan Zekeriya Oz, Celal Kara dan Mehmet Yuzgec dengan tuduhan membentuk organisasi kejahatan dan mencoba menggulingkan pemerintah dengan kekerasan.

Namun, polisi kemudian menemukan Zekeriya Oz dan Celal Kara telah kabur ke Georgia karena diduga sudah mendapatkan informasi soal surat penahanan itu. Demikian dikabarkan kantor berita Anatolia.

Sementara harian Hurriyet mengabarkan pemerintah Turki sudah menghubungi pemerintah Georgia untuk membicarakan ekstradisi keduanya. Sedangkan polisi masih mencari keberadaan Mehmet Yuzgec.

Sebelumnya, ketiga jaksa itu sudah dinonaktifkan sejak Mei lalu karena dianggap menyalahgunakan wewenang dengan memimpin penyelidikan dugaan suap pada Desember 2013 yang sempat mengguncang pemerintahan Erdogan yang saat itu masih menjabat sebagai perdana menteri.

Saat itu, penyelidikan kasus suap tersebut sempat menyeret sejumlah pejabat tinggi Turki, termasuk empat orang menteri dalam kabinet Erdogan. Akhirnya, kasus tersebut ditutup karena dianggap “kurang barang bukti”.

Erdogan mengklaim investigasi kasus dugaan suap dan korupsi itu adalah sebuah upaya “kudeta yudisial” yang didalangi Fethullah Gulen seorang ulama yang kini berdomisili di AS.[] sumber: kompas.com

Leave a Reply