Smile Train Aceh Cari Penderita Bibir Sumbing untuk Dioperasi

MEULABOH – Tim Smile Train Aceh mengunjungi 23 kabupaten kota di Aceh untuk mencari penderita bibir sumbing guna dioperasi tahun ini.

Tim kerja Smile Train Aceh Rahmat Maulizar, kepada Portalsatu.com mengatakan untuk operasi bibir sumbing dilakukan seminggu sekali di Rumah Sakit Malahayati, Banda Aceh dengan jadwal operasi setiap hari Minggu.

“Kita sudah mengunjungi seluruh Aceh yang belum untuk Simeulue. Untuk tahun ini hingga bulan enam ini yang terdata  ada seratus orang  lebih dan sudah dioperasi secara gratis,” kata Ramat, Selasa, 28 Juli 2015.

Menurut dia Tim Smile Train Aceh baru saja pulang dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan Sabang untuk mencari pasien bibir sumbing. Dari tiga daerah itu pihaknya menemukan 47 orang yang akan segera dioperasi.

“Kalau penderita bibir sumbing banyak ditemukan  di Aceh Timur, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan mereka semua sudah dioperasikan” kata dia.

Selain melakukan jemput bola Tim Smile Train, kata dia, berharap kepada masyarakat penderita bibir sumbing bisa langsung mendatangi Rumah Sakit Malahayati untuk di operasi gratis tanpa syarat.

“Yang penting penderita bibir sumbing yang dibawa kerumah sakit dalam keadaan sehat. Seperti masih dalam keadaan pilek atau demam dan penyakit lainnya. Bagi yang merasa kurang jelas untuk informasinya dapat menghubungi saya dengan nomor 0813 6039 5730,” kata dia.

Sejak 2007 lalu Smile Train Aceh sudah mengoperasi tiga ribu lebih penderita bibir sumbing. Operasi bibir sumbing sendiri kata dia dilakukan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama dioperasi bibirnya, tahap ke dua hidung pasien dan tahap akhir mereka mengoperasi langit- langitnya.

“Untuk dokter spesialisnya sendiri langsung ditangani dokter senior yaitu dokter Jailani,” katanya.[] (ihn)

Laporan Darmansyah Muda di Meulaboh | Foto: Ilustrasi pasien bibir sumbing @antaranews

Leave a Reply