Home Health Pria Lebih Handal Deteksi Perselingkuhan

Pria Lebih Handal Deteksi Perselingkuhan

53
0

Sepandai-pandainya tupai melompat, suatu saat pasti akan jatuh juga. Peribahasa ini mungkin bisa menggambarkan karakter seseorang yang diketahui kalau ia tidak setia terhadap pasangannya alias selingkuh. Dari studi yang dipelajari pun, terbukti untuk kasus wanita yang melakukan perselingkuhan nampaknya jauh lebih mudah diketahui oleh para pria. Sebuah penelitian terbaru dari University of Western Australia coba melakukan observasi untuk hal ini dengan cara meminta partisipan pria memilih foto wajah dari wanita yang nampak jujur.

Para wanita yang ada di foto tersebut memiliki latar belakang hubungan berbeda-beda. Ada yang termasuk setia dan ada pula yang beberapa kali diketahui berselingkuh dari pasangannya. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa pria dapat dengan mudah menilai mana wanita yang lebih jujur dan tak pernah berselingkuh. Bahkan jika dijumlah, tingkat kejituan para pria ini mencapai 59 persen.

“Sudah jelas bahwa pria mampu menunjukkan akurasi hanya lewat foto saja, setelah presentasi yang sangat singkat,” ujar salah satu peniliti dari University of Western Australia. “Setelah mempertimbangkan bahwa penilaian akurasi ini hanya didapat lewat informasi kepribadian yang terbatas dan sangat sedikit, jenis penelitian yang kami lakukan malah dapat mengungkap kebenaran,” tambahnya lagi.

Lebih lanjutnya, sang peneliti berkata, “Ketika ditanya wanita mana yang lebih jujur dari foto tersebut, pria memilih wanita yang tak pernah dilaporkan memiliki masalah perselingkuhan.”

Sayangnya, penelitian ini tak melakukan uji coba hal yang sama pada wanita guna mengetahui apakah para wanita juga memiliki kemampuan sama sehubungan melihat lawan jenisnya kala berselingkuh. | sumber: kompas.com