Home Health Enam Kondisi Rambut Penanda Tubuh Anda Bermasalah

Enam Kondisi Rambut Penanda Tubuh Anda Bermasalah

54
0
Going gray

JAKARTA – Masalah yang terjadi pada rambut seperti rontok, lepek dan berketombe tidak selalu terkait dengan kurangnya Anda merawat rambut atau menggunakan sampo yang kurang tepat. Bisa jadi, itu cara tubuh untuk memberitahu ada yang salah dengan kondisi Anda. Misalnya kekurangan nutrisi atau problem kesehatan yang lebih serius. Kenali beberapa kondisi rambut untuk mengetahui masalah kesehatan sebenarnya yang terjadi pada tubuh berikut ini, seperti dikutip dari Times of India.

1. Rambut Kering dan Rapuh

Terlepas dari kurangnya penggunaan kondisioner atau pemilihan sampo yang salah, rambut kering, rapuh dan mudah rontok bisa jadi tanda awal tubuh Anda kekurangan sejumlah nutrisi penting. Beberapa diantaranya kekurangan protein, vitamin A, zinc dan lemak sehat. Rambut kering yang tak kunjung lembab juga kemungkinan merupakan tanda adanya masalah pada keseimbangan hormon tiroid.

2. Rambut Terlalu Berminyak dan Lepek

Anda sudah menggunakan sampo yang bisa mengurangi produksi sebum di kulit kepala, tapi rambut tetap saja berminyak hingga lepek? Kemungkinan tubuh kekurangan zinc, asam folat dan vitamin B6. Perbanyak konsumsi bayam, protein hewani seperti daging, telur atau ikan, alpukat, asparagus dan seledri.

3. Rambut Kasar

Rambut terasa kasar dan tidak licin ketika disentuh, berarti Anda kurang konsumsi protein, vitamin A dan kemungkinan adanya hipotiroid atau kekurangan hormon tiroid. Protein bisa didapatkan dari daging merah, ayam, telur, tahu, ikan dan susu sementara vitamin A banyak terkandung dalam wortel, tomat, pepaya dan paprika merah. Jika penyebabnya karena hipotiroid, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

4. Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang pada ujungnya tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga tanda Anda mengalami anemia. Selain itu juga berarti Anda kekurangan zat besi, vitamin B6, magnesium atau zinc. Selain dari makanan seperti alpukat, susu, sayuran hijau dan ikan, nutrisi tersebut juga bisa didapat dari suplemen makanan jika memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi.

5. Uban Tumbuh Lebih Cepat

Rambut yang memutih biasanya terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Tapi jika di usia 20-an uban sudah muncul, kemungkinan karena Anda mengalami stres, hormon tidak seimbang atau kurangnya asupan vitamin B dan asam folat. Selain memperbaiki diet, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

6. Ketombe Tak Kunjung Hilang

Selain karena tidak bersih membilas saat keramas, tumbuhnya ketombe juga bisa disebabkan infeksi jamur, stres dan kekurangan vitamin B dan asam lemak. Untuk pengobatan awal cobalah perbanyak konsumsi ikan-ikanan khususnya salmon, mackerel dan tuna. Sementara untuk mengatasi penumpukan ketombe Anda bisa berobat ke dokter spesialis kulit.[] sumber: detik.com