Hatta Terpopuler di Media Kalahkan Anas dan Ical

JAKARTA – Data Developing Countries Studies Center (DCSC) Indonesia menyebutkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa adalah tokoh yang popularitasnya menempati posisi tertinggi dalam pemberitaan di surat kabar.

"Hatta Rajasa menduduki posisi tertinggi, diikuti Anas Urbaningrum, kemudian Aburizal Bakrie," ujar Direktur Riset DCSC Abdul Hakim M.S. di kantor DCSC Indonesia, Rawamangun, Jakarta, Sabtu,7 Januari 2012.

Urutan tersebut didapat DCSC Indonesia berdasarkan penelitian yang dilakukan selama 2011 terhadap sembilan tokoh kandidat kuat calon presiden 2014 pada tujuh surat kabar nasional.

Tokoh-tokoh tersebut adalah Hatta Rajasa, Anas Urbaningrum, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, Ani Yudhoyono, Sri Sultan HB X, Prabowo, Sri Mulyani, dan Surya Paloh. Sedangkan surat kabar yang diteliti adalah Kompas, Media Indonesia, Republika, Indopos, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, dan Seputar Indonesia.

Menurut data tersebut, pemberitaan Hatta Rajasa berjumlah 32,7 persen dari jumlah artikel 7.476 yang diteliti. Sedangkan Anas Urbaningrum dan Aburizal Bakrie memiliki persentase artikel masing-masing sebanyak 16,7 persen dan 15,5 persen.

"Banyaknya pemberitaan terhadap Hatta Rajasa karena ia adalah seorang ketua umum partai politik dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia," ujar pengamat politik, Ahmad Bakir Ihsan.

Menurut Ahmad, jabatan sebagai ketua umum sebuah organisasi politik dan sebagai salah satu pejabat publik yang dimiliki Hatta sangat berpengaruh terhadap jumlah pemberitaan di media. "Dibandingkan dengan Ani Yudhoyono yang hanya memiliki jabatan publik atau Aburizal Bakrie hanya sebagai Ketua Umum Golkar, Hatta memiliki isu lebih banyak yang dapat diberitakan media," kata Ahmad.

Ahmad mengatakan kepopuleran Hatta dapat membawa dampak positif bagi Hatta dalam pemilihan calon presiden tahun 2014 nanti. "Pemberitaan media adalah modal bagi Hatta dalam pemilihan presiden nanti. Tapi masyarakat pasti akan melihat kinerjanya selama ini," ujarnya. | sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply