Hasil Panen Padi di Aceh Timur Tak Maksimal Akibat Hama

Hasil Panen Padi di Aceh Timur Tak Maksimal Akibat Hama

IDI RAYEUK –  Petani Desa Menasah Pu’uk Kecamatan Idi Rayeuk Aceh Timur mengeluh hasil panen padi musim ini tidak maksimal akibat hama sundep (batang padi yang memutih).

Abdurrahman, salah satu  petani desa setempat  kepada portalsatu.com, Senin 31 Agustus 2015, mengatakan hasil panen padi musim ini berkurang disebabkan hama batang putih menyerang seluruh padi para petani.

‘”Panen kali ini banyak petani penghasilannya berkurang akibat hama. Ada juga panennya yang mencapai target, namun hanya beberapa petani saja,” ujarnya.

Menurutnya, penyebab hama tersebut diduga dari kesalahan saat pemupukan waktu umur padi mencapai 60 hari dari masa penanaman. Akibat  tersebut banyak batang padi saat dicabut mudah terlepas, dan isinya dari padi pun tidak ada.

“Mungkin ini salah waktu kita berikan pupuk, karena sebelum nya kami  ada mendapat bantuan pupuk dari pemerintah jenis phoska dan urea, banyak di antara kami yang kena hama putih setelah memakai pupuk bantuan tersebut”, katanya.

Sebelumnya, kata dia lagi, pada waktu musim panen lalu petani  di desa ini tidak menggunakan pupuk bantuan, tapi hasil panenya maksimal. “Sangat berbeda jauh dengan panen kali ini,” ujar Abdurrahman.

Menurutnya, bermacam upaya telah dilakukan petani, mulai menyemprot mencegah hama ulat dan merawat secara rutin. Namun hama sundep tidak bisa juga terantisipasi.

Insyaallah, kita sudah merawatnya semaksimal mungkin. Seureng ta somprot, dan tajaga chit rawat dengon got, mantong na syit penyaket pade”,  katanya.[]

Foto: Pekerja merontokkan padi di sawah petani. @Maulana Amri/portalsatu

Leave a Reply