Hasil Analisis Belanja Publik Aceh Didiskusikan

BANDA ACEH – Public Expenditure Analysis and Capacity Strengthening Program (PECAPP) hari ini melaksanakan diskusi publik hasil analisis mereka tentang Belanja Keuangan Publik Aceh dari tahuhn 2000 hingga 2011.

Diskusi tersebut dilaksanakan di 3 in One Cafe, Lambhuk Banda Aceh, Selasa 22 Januari 2013. Hadir sebagai pembicara dalam diskusi itu adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Amir Helmi dan akademisi Fakultas Ekonomi Unsyiah Dr. Iskandar. 

Acara itu dilaksanakan oleh PECAPP untuk meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu seputar keuangan daerah.

Dalam diskusi tersebut juga dipaparkan hasil dari analisi PECAPP dalam pengelolaan keuangan di Aceh sejak tahun 2000 hingga 2011. Kesimpulan tersebut yang pertama alokasi anggaran di Aceh belum efektif, banyak belanja publik yang belum sesuai dengan kebutuhan dan target-target pembanguan. PECAPP menilai penigkatan kualitas program harus diperbaiki.

Rekomendasi yang kedua adalah penyusunan program dan kegiatan di pemerintahan harus berdasarkan basis analisis yang kuat terhadap data dan fakta di lapangan. Menurut PECAPP diperlukan sumber daya khusus dalam melakukan analisis keuangan daerah secara konsisten dan reguler dalam proses penggaran.

Rekomendasi yang terakhir dalam dari hasil analisis PECAPP itu adalah belum adanya master plan yang dapat mengarahkan pelaksanaan otonomi khusus di Aceh. []

  • Uncategorized

Leave a Reply