Hasil Akhir: Kalahkan Honduras, Ekuador Berpeluang ke 16 Besar

Dua gol dari Enner Valencia membuka peluang Ekuador untuk lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia di Brasil. Bertanding di laga kedua penyisihan grup E di Arena da Baixada, Curitiba, Sabtu, 21 Juni 2014, Ekuador menaklukkan Honduras dengan skor 2-1. 

Pertandingan antara dua tim yang butuh nilai kemenangan ini berlangsung ketat. Honduras lebih dulu menjebol gawang Ekuador yang dikawal Alexander Dominguez pada menit ke-31 melalui gol yang disarangkan Carlo Costly. 

Namun keunggulan tim asuhan Luis Fernando Suárez ini tak bertahan lama. Hanya terpaut tiga menit, Valencia berhasil menyamakan kedudukan dengan gol cantik dengan menyambar bola yang meluncur di depan gawang Noel Valladares. 

Di akhir babak pertama, Honduras nyaris menggandakan skor. Sundulan Costly yang membentur mistar Ekuador disambar rekannya, Jerry Bengston, yang berada tepat di depan gawang. Namun wasit Benjamin William menganulir gol itu karena melihat Bengston menyentuh bola dengan tangannya. 

Di pertengahan babak kedua, Valencia kembali membuat kubu Ekuador bersorak gembira setelah ia menjebol gawang dengan menyundul bola hasil tendangan bebas Jaimen Ayovi. usai gol Valencia di menit-65, tim Ekuador langsung merapatkan barisan pertahanan dan lebih sering memotong bola umpan para pemain Honduras. 

Pertandingan berjalan makin keras dan banyak pelanggaran terjadi. Ekuador yang mati-matian mempertahankan keunggulan kerap melakukan pelanggaran keras. Dari lima kartu kuning yang dikeluarkan wasit, tiga diantaranya diterima pemain Ekuador. 

Skor 2-1 untuk Ekuador bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. dengan hasil ini, Ekuador membuka peluang untuk lolos ke babak 16 Besar. Pada pertandingan lain di grup E sebelumnya, Swiss yang mengalahkan Ekuador 2-1 di laga pertama ternyata digilas Prancis dengan skor telak 2-5. Prancis sudah memastikan satu tempat di babak 16 Besar karena mengantongi poin 6 dari dua kali menang.

Ekuador bisa lolos dari babak penyisihan jika bisa mengalahkan Prancis pada 26 Juni nanti dan Swiss ditahan imbang atau kalah oleh Honduras. Adapun peluang Honduras lolos ke babak 16 Besar sangat tipis karena mereka sudah dua kali kalah. 

Susunan pemain

Honduras: 
Noel Valladares, Brayan Beckeles, Emilio Izaguirre (Juan C. Garcia 46'), Luis Garrido (M. Martinez 71'), Victor Bernárdez, Maynor Figueroa, Boniek García (M. Chavez 82'), Jorge Claros, Carlo Costly, Jerry Bengtson, Roger Espinoza.

Ekuador: 
Alexander Domínguez, Juan Paredes, Walter Ayoví, Oswaldo Minda (C. Arboleda 83'), Jorge Guagua, Frickson Erazo, Antonio Valencia, Cristhian Noboa, Enner Valencia, Felipe Caicedo (E. Mendez 82'), Jefferson Montero (G. Achilier 90').

sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply