Harry Tanoe Mundur dari NasDem

Jakarta – Konglomerat media Harry Tanoesoedibjo dikabarkan segera mundur dari kepengurusan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Rencananya, pengunduran diri pemilik grup media MNC ini bakal diumumkan dalam konferensi pers yang akan digelar hari ini, Senin, 21 Januari 2013.

Sumber Tempo di internal NasDem menyebutkan, pengunduran diri Harry Tanoe ini berkaitan dengan konflik internal partai. Sudah lama santer beredar kabar kalau ada matahari kembar di tubuh NasDem, yakni Harry Tanoe dan Surya Paloh (mantan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar).

Hari ini, Majelis Nasional NasDem–lembaga pengambil keputusan tertinggi di NasDem, di mana Paloh dan Tanoe menjadi anggotanya–dijadwalkan mengumumkan pengangkatan Surya Paloh menjadi Ketua Umum NasDem. Harry, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar pada partai yang berdiri Juli 2011 ini, dikabarkan tak terlalu menyetujui keputusan tersebut. Dari sembilan anggota Majelis Nasional, Harry adalah salah satu yang menolak pengangkatan Paloh.

Ketua Umum NasDem Patrice Rio Capella tak menampik kabar mundurnya Harry Tanoe ini. Rio mengakui rencana kemunduran taipan media itu sudah beredar luas. “Katanya, sih, iya begitu (mundur),” kata Rio saat dihubungi melalui pesan BlackBerry.

Pengunduran diri Harry rencananya diumumkan pada pukul 15.00 WIB nanti. Namun, hingga kini, belum ada kepastian di mana konferensi pers akan digelar.

Hari ini, sembilan anggota Majelis Nasional dijadwalkan bakal berkumpul di kantor DPP NasDem untuk membahas penetapan Paloh sebagai ketua umum. Selain Paloh dan Tanoe, anggota Majelis Nasional adalah Rio Patrice, Wakil Ketua Umum Sugeng Suparwoto, Sekretaris Jenderal Ahmad Rofiq, Ketua Pembina Djaffar Assegaf, dan Sekretaris Majelis Nasional Jeffrie Geovanie. Dengan pengunduran Tanoe ini, sokongan grup media MNC yang semula mendongkrak popularitas NasDem secara signifikan diperkirakan bakal surut.

Selain menetapkan Paloh, Majelis Nasional juga bakal memilih pengurus NasDem lainnya. Struktur NasDem akan terdiri atas satu ketua umum dan 16 wakil ketua umum, satu sekretaris jenderal, empat wakil sekjen, satu bendahara, dua wakil bendahara, dan 45 ketua departemen. Susunan pengurus inilah yang akan dibawa ke kongres untuk ditetapkan sebagai kepengurusan NasDem periode 2013-2018. Penetapan ketua umum dan pengurus baru akan dilakukan dalam kongres NasDem yang bakal digelar pada 25-27 Januari mendatang di Hotel Sultan.| sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply