Harimau dan Badak Sumatera terancam punah di Gayo

HARIMAU dan Badak Sumatera terancam punah di dataran tinggi Gayo. Kedua binatang ini sudah mulai langka dan sulit ditemui di Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Di hutan Aceh Tengah dan Bener Meriah, terdapat tujuh hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Ketujuh hewan ini, seperti harimau, badak, gajah, beruang Madu, orang hutan, rusa dan murai.

Hal ini diungkapkan oleh Polisi Hutan (Polhut) Kementrian Kehutanan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resold Aceh Tengah dan Bener Meriah, Saidi, kepada ATJEHPOSTcom, Kamis 22 Agustus 2013 di Takengon.

"Dari tujuh hewan dilindungi dan ada di Gayo, hanya harimau dan badak yang sangat parah terancam punah. Sedang orang hutan, gajah, beruang madu dan murai terancam punah juga, tapi tidak separah harimau dan badak," kata Saidi.

Sayangnya kata dia, personil BKSDA Resol Aceh Tengah dan Bener Meriah hanya ada 4 orang yakni, dua orang Polhut dan dua orang staf. Keadaan ini membuat mereka tidak mampu mengontrol hutan di dua kabupaten ini.

“Kami hanya bisa melakukan sosialisasi dan berpatroli untuk melarang orang yang tidak bertanggung jawab menangkap hewan yang di lindungi itu,” kata Saidi.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply