Hari ini, Masyarakat Aceh di Jakarta Demo Istana Negara

JAKARTA – Sekitar 400 masyarakat Aceh di Jakarta yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Aceh untuk Keadilan (ARAK) akan melakukan demontrasi di depan Istakan Negara dan Kementerian Luar Negeri, Senin 28 Januari 2013.

Koordinator ARAK, Abu Mane, mengatakan aksi itu mereka lakukan terkait masih ditahannya tiga nelayan Aceh di penjara Thailand. 

“Kita ingin meminta kepada Presiden dan Menteri Luar Negeri segera mengambil langkah untuk membebaskan mereka,” kata Abu Mane yang kepada yang dihubungi ATJEHPOSTcom melalui telepon selular.

Tiga nelayan asal Aceh dijatuhkan hukuman penjara selama 39 tahun di Thailand. Ketiga warga ini bernama Muhammad Ben Zainal, Syaripudin Bin Saleh, dan Ruli Hardiansyah. Mereka ditahan sejak tahun 2006 sampai sekarang.

Abu Mane menceritakan, tiga nelayan tersebut ditahan di penjara Songkhla, Thailand, tanpa ada kejelasan tentang kesalahannya. “Mereka ditangkap karena melaut, dan sudah dibebaskan. Tapi kemudian ditangkap lagi karena ada warga Thailand yang mendatangi kepolisian Thailand meminta mereka jangan dibebaskan,” kata Abu Mane.

Warga Thailand yang datang ke kepolisian Thailand itu, kata Abu Mane, menuduh tiga orang warga Aceh pernah menahan mereka di Aceh Timur. “Tapi itu tak terbukti, mereka hanya menanda wajah,” kata Abu Mane.

Selain kepada Pemerintah Indonesia, Abu Mane juga meminta kepada Pemerintah Aceh untuk mengambil langkah-langkah membebaskan tiga nelayan itu. []

Berita sebelumnya:

Tiga Nelayan Aceh di Thailand Dihukum 39 Tahun Penjara

  • Uncategorized

Leave a Reply