Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Aceh Utara Turun

HARGA sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, kini mulai normal, Sabtu, 24 Januari 2015.

"Harga turun dalam beberapa hari terakhir ini, kita juga pastinya berharap harga kebutuhan pokok bisa stabil lagi karena kita juga sayang terhadap pembeli atau masyarakat. Kita sebagai pedagang pun sangat keberatan bila harga kebutuhan terus melambung dan bahkan mengalami kerugian akibat menurunnya pembeli," kata Muliadi, 36 tahun, salah satu pedagang Pasar Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Ia mengatakan beberapa faktor penyebab naiknya harga barang akibat dipicu kenaikan harga bahan bakar minyak. Selain itu, kondisi daerah yang dilanda bencana seperti banjir juga menyebabkan kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan pokok.

Berdasarkan pantauan ATJEHPOST.co di sejumlah pedagang, diketahui harga cabai merah yang sebelumnya sempat bertahan di atas Rp 60 ribu per kilogram, kini dijual Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram. Sementara tomat dijual seharga Rp 5 ribu per kilogram dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 11 ribu per kilogram.

"Beberapa harga kebutuhan lainnya sudah mulai normal, namun kita tidak tahu juga apakah ini akan menjadi naik lagi atau tidak dan itu tentunya tergantung kondisi pasar," katanya.

Hal senada disampaikan Fadli, salah satu pedagang di Pasar Geudong. Ia mengatakan harga beras ukuran 15 kilogram yang sempat dijual Rp 145 ribu per sak kini dibanderol menjadi Rp 130 ribu per sak. Sementara harga telur hingga saat ini masih bertahan Rp 38 ribu per papan. Untuk gula pasir kini dijual Rp 12 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 17 ribu per kilogram.

"Harga beras turun sudah sepekan lalu dan di daerah ini pun sekarang petani sedang panen sawah, tentunya harga beras pun mengalami penurunan," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply