Harga Pala Naik, Petani di Abdya Gembira

BLANG PIDIE – Pascalebaran harga pala kering kelas B dan C di pengepul dan agen di Kabupaten Aceh Barat Daya mencapai Rp 85 ribu per kilogramnya. Harga tersebut langsung dibeli agen dari para petani pala.

Harga tersebut jauh berbeda dengan pala kelas A yang hanya dibeli dengan harga Rp 55 ribu per kilogramnya. Perbedaan harga tersebut disebabkan karena pala kelas B dan C adalah pala yang dipetik lebih muda usianya sebelum masa panen. Pala muda ini akan disuling menjadi minyak pala.

Sedangkan pala kelas A adalah pala tua yang sudah cukup umur saat dipanen dan berkualitas lebih bagus, umumnya dijadikan sebagai rempah-rempah.

“Pala muda lebih banyak naik kilonya kalau sudah kering,” ujar Supardi, salah satu agen dari Desa Alu Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Abdya, kepada The Atjeh Post, Rabu, 29 Agustus 2012.

Namun, kata Supardi, kebanyakan petani pala langsung menjual pala basah setelah dipanen dari kebun dengan harga Rp 26 ribu per kilogramnya untuk pala muda, sedangkan pala yang sudah cukup umum dihargai mulai dari Rp 29 ribu hingga Rp 33 ribu per kilogramnya.

Sedangkan kawi pala dijual terpisah dengan harga yang lebih tinggi yaitu Rp 220 ribu per kilogramnya untuk kawi putih, dan Rp 135 ribu untuk kawi merah yang berasal dari pala tua.

Tak hanya buah dan kawinya saja, daun pala juga dibeli pengepul, namun harganya sangat murah berkisar Rp 2,500 per kilogramnya untuk daun pala kering.

“Daun tersebut juga akan disuling untuk diambil minyaknya tapi penyulingannya daun terbatas dan tidak semua penyuling melakukan penyulingan daun pala,” ujar Supardi.

Murahnya harga daun pala kering membuat petani enggan menjualnya, hal tersebut diakui oleh Muktaruddin, salah seorang petani. Ia mengatakan harga tersebut tidak sesuai dengan medan kebun yang sulit untuk mendapatkan daun pala tersebut.

“Karena harga murah kami tidak menjual daunnya mengingat untuk membawanya sangat sulit, kebun kami dipegunungan dan susah untuk membawanya,” kata muktar.

Namun petani merasa puas dengan harga pala yang menjulang tersebut.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply