Harga gas elpiji di Simeulue bisa murah, asal…

HARGA gas elpiji isi 12 kilogram di pasar Simeulue mencapai Rp165 ribu. Harga ini dirasakan mencekik dan sangat mahal.

"Bisa ditekan atau diturunkan harga gas elpiji di Simeulue hingga Rp100 ribu per tabung asalkan diijinkan bisa angkut dan diseberangkan dengan kapal feri," ujar Arion Saputra, Direktur PT Arion selaku agen resmi gas elpiji di Simeulue saat ditemui ATJEHPOSTcom pada Minggu sore, 23 Juni 2013.

Sebelumnya, kata dia, pengiriman gas elpiji pernah dilakukan melalui kapal feri. Namun mendapat larangan karena dianggap barang berbahaya dan mudah terbakar. Dia telah mengeluhkan mahalnya ongkos yang dipakai untuk memasok gas elpiji ke Simeulue tersebut pada pihak terkait.

Pasalnya, kata dia, untuk satu kali pasokan gas elpiji menelan biaya operasional hingga Rp20 juta. Biaya tersebut untuk sewa kapal boat, sewa lansir buruh pelabuhan dan sewa angkutan darat.

Sementara harga tebus dari Stasiun Pengisian Bahan bakar Elpiji hanya Rp70.500 per tabung. Biaya ongkos transportasi yang mahal membuat PT Arion terpaksa menjual kembali kepada konsumen dan pengecer seharga Rp150 ribu per tabung. Dari pengecer kembali menjual kepada konsumen dengan harga Rp165 ribu.

"Apabila keluhan saya ini direstui, saya minta jangan banyak dipersulit dan adanya kutipan tidak resmi karena akan membebani dan memicu naik harga gas elpiji itu juga," katanya.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply