Hanya Karena Jam, Apple Keluarkan Rp202 miliar

DESAIN sederhana ternyata dapat bernilai ratusan miliar rupiah. Hal ini dibuktikan oleh Apple yang harus membayar USD 21 juta hanya untuk menggunakan jam dengan desain sederhana seperti pada gambar di atas.

Jam tersebut pertama kali didesain pada 1940 oleh Hans Flicker. Jam tersebut merupakan simbol perusahaan kereta api Swiss, Federal Railways. Karena Apple menggunakan jam tersebut pada produk iOS terbaru maka mereka diharuskan membayar royalti.

Federal Railways, awalnya berencana menggugat Apple melalui meja hijau. Namun langkah tersebut tak jadi dilakukan karena Apple menyerah pada tekanan dan setuju membayar lisensi jam tersebut.

Pada waktu itu, nilai dari kontrak lisensi belum diketahui. Namun sekarang surat kabar lokal Swiss, Tages-Anzeiger mendapatkan laporan dari sumber bahwa nilai lisensi yang dibayarkan Apple bernilai USD 21 juta. Lisensi tersebut hanya meliputi hak penggunaan desain jam pada produk iPad saja.

Nilai tersebut cukup kecil mengingat Apple omset Apple yang berkisar ratusan miliar dollar. Namun hal itu cukup menggambarkan bahwa Apple merupakan perusahaan yang menghargai hak atas kekayaan intelektual. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply