Haji Uma Jadi Pembicara di Dinas Pendidikan Aceh

Dinas Pendidikan Provinsi Aceh menggelar acara penyerapan aspirasi masyarakat terhadap rancangan Undang-Undang Perlindungan Bahasa dan Kesenian Daerah, Kamis 13 November 2014.

Agenda ini membahas mengenai peningkatan mutu pendidikan serta perlindungan bahasa dan kesenian daerah, dalam program legislasi nasional tahun 2015-2019. Acara berlangsung di ruang serbaguna Dinas Pendidikan Aceh.

Diskusi ini menghadirkan anggota DPD RI, Sudirman alias Haji Uma sebagai pemateri.

"Tujuan kita adakan acara ini merupakan bentuk penjaringan aspirasi daerah terhadap proses peningkatan mutu pendidikan di Aceh, khsususnya terhadap peningkatan dan pelestarian bahasa dan kesenian daerah yang masih minim," ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M. Adam.

Dalam sambutannya, Anas M. Adam juga menuturkan bahwa saat ini potensi guru bahasa dan kesenian daerah di Aceh menjadi permasalahan yang krusial. Pasalnya, sekitar 70 persen sekolah-sekolah di Aceh masih kekurangan guru bahasa dan kesenian daerah.

"Ini menjadi catatan penting dalam masalah peningkatan pendidikan kita, khususnya di bidang bahasa dan kesenian daerah. Begitu juga kadang-kadang banyak sekali guru-guru kesenian dan bahasa daerah sering diambil alih oleh guru yang bukan bidangnya, bahkan oleh kepala sekolah sendiri," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply