Hadapi Gugatan Pilkada, KIP Aceh Tamiang Siapkan Dua Tim Kuasa Hukum

BANDA ACEH – Pada persidangan lanjutan gugatan Pilkada putaran kedua Kabupaten Aceh Tamiang yang digelar melalui teleconference di Fakultas Hukum Universitas Malikul Saleh, Lhokseumawe, besok, Selasa, 2 Oktober 2012, KIP Aceh Tamiang memutuskan tidak akan mengajukan saksi tambahan.

Hal tersebut disampaikan Ketua KIP Aceh Tamiang, Izuddin, kepada The Atjeh Post, Senin malam, 2 Oktober 2012.

Menurutnya KIP Aceh Tamiang tidak perlu mengajukan saksi tambahan karena beberapa hal penting sudah terjawab dalam sidang kedua tadi. Seperti masalah keamanan di mana pihak KIP menghadirkan Kapolres dan Dandim Aceh Timur sebagai saksinya.

“Begitu juga soal masalah uji baca Al Quran KIP langsung menghadirkan jurinya, sedangkan soal pelaksanaannya kita juga langsung hadirkan saksi dari petugas kita,” ujarnya.

Namun KIP Aceh Tamiang akan memperkuat tim pengacaranya dengan memasukkan Jaksa Pengacara Negara (JPN) dari Kejaksaan Negeri Kuala Simpang sebagai kuasa hukum mereka. Sebelumnya KIP Aceh Tamiang hanya menggunakan kuasa hukum Rahmat Syafrial dkk saja.

“Jadi KIP Aceh Tamiang menyediakan dua tim kuasa hukum untuk membela kasus ini,” kata Izuddin. Dengan tambahan kuasa hukum ini KIP Aceh Tamiang memiliki enam orang pengacara yang siap memenangkan gugatan Pilkada tersebut.

Sidang kedua gugatan Pilkada putaran kedua Kabupaten Aceh Tamiang digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi RI di Jakarta siang tadi. Sidang dimulai pada pukul 14.00 wib hingga pukul 16.00 wib.

Dari pihak KIP Aceh Tamiang, sidang tersebut dihadiri oleh Ketua Izuddin, serta empat komisioner lainnya yaitu Feri Irawan, Kemalawati, M Saffan serta Sekretaris KIP Syamsuri, Serta didampingi oleh kuasa hukum Rahmat Syafrial.

Adapun saksi-saksi yang dihadirkan oleh KIP adalah AKBP Armia Fahmi selaku Kapolres Aceh Tamiang, yang didampingi oleh Kepala Bagian Operasi dan Kepala Bidang Hukum Polda Aceh. Letkol (Inf) Muhammad Hasan selaku Dandim 0104 Aceh Timur.

“KIP juga menghadirkan ketua tim juri baca Al Quran Umar Nafi, Ketua PPK Kecamatan Bendahara Muhammad Nasib serta Ketua PPS Bukit Rata Kecamatan Kejuruan Muda Refi Yoesrizal,” katanya.

Dalam sidang tadi kata Izuddin, pihak terkait dalam hal ini pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang yang menang dalam putaran kedua yaitu Hamdan Sati-Iskandar Zulkarnain yang diwakilkan oleh kuasa hukumnya Chairul Azmi mengajukan permohonan untuk menjadi pihak terkait.

“Hakim mengabulkan permohonan mereka, dan pihak terkait telah menyerahkan alat bukti mereka kepada hakim,” kata Izuddin.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply