Gubernur Zaini: Sudah sepantasnya program khusus pelestarian sungai dijalankan

GUBERNUR Aceh, Zaini Abdullah menyebutkan jika Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten kota memiliki program khusus untuk mengampanyekan pelestarian sungai.

“Karena adanya kerusakan dan penurunan kualitas air sungai, maka penting Pemerintah Aceh dan kabupaten kota memilki program khusus untuk sosialisasi pelestarian sungai,” kata Doto Zaini pada acara kuliah umum dan seminar di gedung AAC Dayan Dawood, Selasa, 19 Maret 2013.

Menurut Doto Zaini, sapaan akrab Gubernur Aceh, program itu sangat mendesak dikarenakan potensi kerusakan dan penurunan kualitas air sungai cukup tinggi pada saat ini.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kualitas air sungai akan memberi efek domino bagi kehidupan sekitarnya.

Kemudian, kata Doto Zaini lagi, menurut data Balai Wilayah Sungai Sumatera I, terdapat sebelas wilayah sungai diseluruh Aceh yang mengalirkan air ke 481 anak sungai lainnya. Dari jumlah itu, sungai yang terbesar adalah Krueng Peusangan.  Sungai tersebut membelah lima wilayah mulai dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireun, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

“Karena itulah pengelolaan DAS berbasis masyarakat itu sangat penting. Sebab sungai-sungai di Aceh memilki peran strategis bagi kehidupan masyarakat,” ujar dia.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply