Gubernur Zaini: Pemerintah Aceh wakil Pemerintah Pusat di Aceh

GUBERNUR Aceh, Zaini Abdullah mengatakan pelaksanaan rapat Forkopimda tidak terlepas dari kewenangan yang diberikan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Hal itu disampaikannya pada rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Serbaguna Setda Aceh, Kamis 28 Maret 2013.

Kata Gubernur Zaini, pada pasal 43 ayat 1 menegaskan bahwa Gubernur Aceh dalam kedudukannya sebagai wakil pemerintah memiliki tugas dan wewenang mengkoordinasikan penyelenggaraan kabupaten kota.

Oleh karena itu, kata pria yang akrab disapa Doto Zaini, melalui rapat tersebut dirinya mengajak segenap jajaran pemerintah daerah untk saling bahu membahu dalam menyatukan gerak dan langkah untuk memelihara stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban serta percepatan pembangunan Aceh.

"Secara khusus kami meminta agar kepala daerah agar memilihara dan mempertahankan kondisi keamanan serta suasanan damai dalam ragka meningkatkan pembangunan menuju kesejahteraan masyarakatn sekaligus menurunkan angka kemiskinan Aceh," katanya.

Gubernur juga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) meningkatkan koordinasi dalam penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman serta keamanan secara arif dengan mengikut sertakan instansi terkait, tokoh agama, dan lainnya.

Gubernur juga meminta agar Pemda mendeteksi dan melakukan pencegahan dini terhadap potensi gangguan keamanan.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply