Gubernur Papua: Ada Kabar Otsus Mau Ditiadakan

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan, sesuai informasi terakhir yang diperoleh, pemerintahan baru dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla akan mentiadakan Otonomi Khusus (Otsus).

“Informasi terakhir, pemerintahan yang baru mau tiadakan Otsus, jadi kita ikuti saja, kalau itu ditiadakan oleh pemerintahan baru lebih baik lagi, jadi ini kita bersatu bersama kebijakan nasional yang tidak memahami Papua,” kata Lukas Enembe saat Rapat Khusus Pemegang Saham Bank Papua, di Hotel Swisbell Jayapura, Papua, Jumat, 14 November 2014. 

Menurut Enembe, masyarakat Papua baru menikmati Otsus dari 2001 sampai hari ini, 13 tahun pembangunan Papua. “Sejarah 17 Agustus 1945 sampai 1969 kita tidak tahu kita ada dimana, 1969 sampai 1996 itu kita dianiaya, disiksa, dibunuh oleh pemerintahan orde baru,” katanya.

Selain itu, 1996 sampai 2001, pemerintah di provinsi seperti tidak jalan karena masa transisi antara Otsus dan kemerdekaan.

“Sejak 2002 sampai hari ini baru kita sedang menikmati kemerdekaan yang sesungguhnya dari negara ini. Karena itu saya harap kita mampu menjelaskan kepada negara Indonesia, kita baru mulai membangun,” kata Enembe.

Enembe katakan, selama ini kesan Jakarta dana Rp 30 triliun dianggap untuk satu tahun, padahal ini untuk 13 tahun selama Otsus berjalan.

Selain itu, dana Rp 50 triliun yang masuk di Papua lebih banyak beredar diluar Papua, baik dana vertikal maupun pemerintah daerah. “Sebanyak 77 persen dana itu terbang keluar, disini tidak ada uang,” katanya.

Menanggapi itu, ujar Enembe, langkah yang harus diambil Pemerintah Papua adalah membangun integrasi industri di Papua, dan seluruh potensi kekayaan alam dikelola disini.

“Tidak usah Otsus tapi kasih kewenangan ke kita untuk mengatur kekayaan alam kita, dari pada Otsus semua bupati asal Papua masuk tahanan, dari pada kejar-kejar kita lebih bagus kasih kewenangan seluruh kekayaan alam kita kelola sendiri dan dimanfaatkan untuk kemajuan Papua, itu lebih baik,” kata Enembe. 

Seperti diketahui, Papua dan Aceh adalah dua daerah yang menerima dana otonomi khusus.[] Sumber: tabloidjubi.com

Disclamer: 
Berita ini adalah bagian dari sindikasi pemberitaan antara ATJEHPOST.Co dan Tabloidjubi.com 

  • Uncategorized

Leave a Reply