Gubernur: Aceh Daerah Modal dan Model Bagi Indonesia

Gubernur Zaini Abdullah dalam kunjungannya ke Bener Meriah mengingatkan pemerintah setempat bahwa Aceh adalah daerah modal dan model bagi Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam dua pertemuan terpisah dengan instansi pemerintahan di Bener Meriah.

Saat berkunjung ke Rumah Sakit Muyang Kute Bener Meriah, Gubernur Zaini meminta aparatur pemerintahan dan para medis agar memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ini penting karena Aceh ini menjadi model. Apa pun yang dibikin oleh Aceh bisa menjadi model bagi Indonesia. Model pelayananan kesehatan gratis, Aceh menjadi model,” kata Gubernur Zaini Abdullah, Kamis, 11 September 2014. “Pemikirnya, arsiteknya ada di Aceh.”

Tentang pelayanan kesehatan gratis, Gubernur Zaini mengatakan model kesehatan gratis yang diterapkan di Aceh saat ini adalah impiannya sejak berada di luar negeri.

“Sejak saya pulang dari luar, lebih kurang 25 tahun terombang ambing, itu yang saya bawa dari sana,” katanya.

Saat meninjau perluasan Bandara Rembele, Ketua DPRD setempat melaporkan belum dapat menyusun tata tertib dewan karena terbentur dualism undang-undang. Karena itu ia meminta gubernur menuntaskan aturan turunan UUPA.

Mendapat pertanyaan seperti itu, gubernur mengatakan Aceh sudah berdamai di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itu sebabnya, ia mengingatkan pemerintah pusat agar menyelesaikan aturan turunan UUPA.

“Perlu disampaikan di sini ada Radio Rimba Raya, tempat pertama kali dinyatakan kita Aceh tidak pernah ingin pisah dengan Indonesia. Karena itu disebut daerah modal,” katanya.

Namun, Gubernur Zaini menambahkan, hendaknya pusat jangan hanya menyebut Aceh daerah modal, “tetapi berilah hak kami agar bisa mandiri.”

Gubernur pun mengingatkan bahwa Presiden Susilo Yudhoyono pernah berjanji pada 20 September tahun lalu akan menuntaskan aturan turunan UUPA sebelum masa jabatannya berakhir.

“Aceh ini sangat penting bagi Indonesia. Ini bukan mengada-ada. Ini adalah substansi dari MoU Hensilki dan UUPA yang harus diimpelementasikan. Saya tidak akan menyerah untuk ini,” kata Gubernur Zaini. []

  • Uncategorized

Leave a Reply