Gubernur Aceh Buka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera

Gubernur Aceh Buka Rapat Koordinasi Gubernur Se-Sumatera

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, membuka acara rapat koordinasi gubernur se-Sumatera tahun 2015. Acara rapat yang akan membahas berbagai persoalan dan peningkatan infrastruktur tersebut dilaksanakan di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015.

Zaini Abdullah mengatakan wilayah Sumatera memiliki potensi keunggulan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang. Selain itu, wilayah Sumatera juga terletak pada pintu gerbang konektifitas global.

“Posisi strategis inilah yang menjadi pendukung bagi pertumbuhan wilayah Sumatera dari tahun ke tahun sebagaimana terlihat dari beberapa indikator makro di berbagai daerah,” kata Zaini.

Zaini menjelaskan dari sisi ekonnomi, kawasan Sumatera menunjukkan pertumbuhan hingga 5,38 persen dengan kontribusi terbesar disumbang oleh sektor pertanian, peternakan, da pertambangan.

“Secara keseluruhan Sumatera mengalami pertumbuhan ekonomi positif dengan laju hingga 8,36 persen, namun masalah ketimpangan dalam pertumbuhan masih terlihat nyata,” ujarnya.

Hal tersebut terlihat dari tingkat kesejahteraan rakyatnya yang tidak merata. Sebagian wilayah Sumatera aad yang tumbuh sangat pesat, tapi ada pula yang tumbuh sangat lambat.

“Realita lainnya adalah pusat-pusat pertumbuhan ekonomi wilayah Sumatera belum terkoneksi secara utuh,” katanya.

Menurut Zaini perlu adanya langkah bijak dari para pengambil kebijakan pembagunan di Wilayah Sumatera melalui sebuah wadah bersama.

“Dengan wadah tersebutlah para pemimpin diwilayah Sumatera dapat menyatukan visi untuk membangun Sumatera secara teritegrasi dan merata,” ujarnya. [] (mal)

Leave a Reply