Gubernur Aceh bahas investasi geothermal energy dengan investor Turki

GUBERNUR Aceh Zaini Abdullah bersama Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar  melakukan pertemuan dengan pengusaha asal Turki, Emin Hitay, pemimpin perusahaan  Hitay Energy Holding. Pertemuan berlansung di Jakarta, kemarin, Jumat, 23 Agustus 2013.

“Pertemuan ini merupakan tindaklanjut atas pertemuan pada acara Marketing Investment Indonesia di Brussel pertengahan bulan Juni 2013,” kata Iskandar, Sabtu, 24 Agutus 2013.

Kepada Gubernur Zaini, Emin Hitay menyatakan  ia tertarik berinvestasi di sektor geothermal energy. Perusaahaan Hitay Energy Holding telah mendapat izin survey pendahuluan panas bumi di  enam lokasi di Indonesia, di antaranya daerah kompleks pergunungan Bromo-Tengger, dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.  

“Besar harapan mereka agar juga mendapat izin untuk Aceh berikutnya,” kata Iskandar.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyambut baik rencana perusaahaan tersebut. Pemerintah Aceh menjamin keamanan dan kenyamanan setiap investor yang akan berinvestasi di Aceh.

“Serta menjamin kepastian hukum yang menyangkut iklim investasi.  Gubernur juga menyampaikan agar investasi bidang geothermal ini bisa segera terealisasi demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Aceh,” kata Iskandar.

Menurut Iskandar, beberapa titik potensi geothermal yang berada di Kabupaten Pidie (Alue Canang, Alue Lhong-Beungga, Tangse), Bener Meriah (Rimba Raya, Simpang Balek) dan Gayo Lues (Kafi, Gunung Kembar, Dolok Perkiraan).[]

  • Uncategorized

Leave a Reply