Grup Mop-Mop Meurak Jeumpa Aceh hadir di Piasan Seni Banda Aceh

PIASAN seni Banda Aceh 2013 sudah berlangsung dua hari. Item hiburan yang mengisi panggung hiburanpun semakin meriah dan bervariasi. Tak ketinggalan group Merak Jeumpa Aceh dari Krung Mane hadir dengan konten Mop-Mop atau sering dikenal dengan Biola Aceh mengisi panggung rapai tunang di Taman Budaya.

Mop-mop adalah sebuah seni teater tradisi Aceh yang sudah semakin ditinggalkan masyarakat. Bentuk petunjukan yang menggabungkan seni musik dengan instrument tunggal biola, hikayat atau Ca’e Aceh, tari dan dialaog menjadi keunikan tersendiri dari pertunjukan ini. Format baku dengan tiga pemain sebagai simbul sebuah keluarga yaitu pemain biola sebagai ayah, Dara Baro (mempelai wanita), dan Linto Baro (mempelai pria).

Banyak masyarakat generasi muda sekarang sudah tidak mengenal apa lagi menonton pertunjukan mop-mop. Usaha panitia untuk memperkenalkan kembali seni teater tradisi ini di Piasan Seni Banda Aceh 2013 sebagai salah satu wujud partisipasi terhadap perlestarian seni tradisi Aceh.

Hadir malam itu Syeh Kawi sebagai pemain biola, Syeh Gani sebagai Dara Baro, dan Syeh Ismail sebagai Linto Baro. Semua pemainnya diperkirakan sudah berusia tujuk puluh tahunan. Semangat untuk menjaga dan mensosialisasikan seni teter tradisi peninggalan nenek moyang itulah yang menjadikan mereka hadir memeriahkan Piasan Seni 2013.

Event yang didukung penuh oleh Disbudpar Banda Aceh ini telah berlangsung dua hari sejak tanggal 21 Agustus lalu. Sampai akhir acara nanti tanggal 24 Agustus acara dipastikan akan semakin meriah dengan hadirnya artis-artis lokal dan seniman Banda Aceh yang akan mengunjuk karya terbaik di stan dan panggung hiburan rakyat Taman Sari.

Mahrisal Rubi selaku koordinator event dalam piasan seni ini mengatakan acara berlangsung dengan  tertib, aman. banyak seniman yang terlibat dalam event tahunan Banda Aceh ini dan semuanya merasa puas.

“Kekurangan dan ketimpangan bisa dikatakan hampir tidak ada, walaupun ada beberapa hal teknis yang kurang memuaskan, tapi selalu bisa teratasi dengan baik. Diharapkan event ini bisa terus lebih baik dari tahun ketahun,” katanya dalam rilis yang diterima ATJEHPOSTcom.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply