Google Peringati Hari Batik Nasional 2014

Pada 2 Oktober 2009 lalu Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbenda.

Untuk memperingati momentum berharga ini ditetapkanlah tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Setiap tanggal tersebut seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya para pejabat dan pegawai di kalangan pemerintah disarankan untuk memakai batik. 

Tak heran jika hari ini Kamis, 2 Oktober 2014 mesin pencari Google turut memperingatinya. Ketika kita membuka laman utama Google, terlihat doodle yang menggambarkan sebuah keluarga yang semuanya memakai pakaian dari batik dengan corak beragam.

Tak hanya bisa dilihat, doodle tersebut juga bisa dibagikan kepada khalayak. Caranya dengan mengklik tanda khusus yang ada di pojok kanan atas doodle. Doodle Hari Batik Nasional ini bisa dishare di Google+, Facebook, Twitter atau pesan pribadi melalui layanan email.

Batik merupakan kerajinan yang bernilai seni tinggi dan sejak lama telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa. Seni membatik bukan hanya milik Indonesia saja, negara-negara seperti Cina, Malaysia, Nigeria, India, Filipina dan Srilanka juga memiliki tradisi ini. Namun batik lebih terkenal dan telah melekat sebagai salah satu identitas khas Indonesia.

Berdasarkan teknik pembuatannya, batik terdiri dari batik tulis, batik cap dan batik lukis. Batik tulis merupakan kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga bulan untuk menyelesaikan selembar kain. Tak heran jika harga batik tulis cukup mahal.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply