Geuchik Lampulo Banda Aceh wakili Indonesia ke China

GEUCHIK Lampulo Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Alta Zaini, mewakili Indonesia dalam Asean+3 Village Leader Exchange Programme di Chengdu, China, 8 hingga 12 April 2013.

Selain Alta, ada empat kepala desa lagi di Indonesia yang didampingi Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesejahteraan Rakyat mengikuti kegiatan itu.

Saat ditemui ATJEHPOSTcom di kantornya Rabu siang, 17 April 2013, sehari setelah pulang dari China, Alta mengatakan kegiatan itu berbentuk program pertukaran para kepala desa yang diikuti 10 negara di Asia.

Dalam acara itu, Alta mempresentasikan progam unggulan yang telah dilaksanakan di Lampulo, hingga terpilih sebagai salah satu desa terbaik mewakili Indonesia. “Saya mempresentasikan program kepariwisataan dan pemberdayaan perempuan," ujar Alta.

Program pemberdayaan perempuan yang dimaksudnya adalah Musyawarah Rencana Aksi Perempuan atau Musrena. “Program Musrena yang saya paparkan mendapat sambutan yang menghebohkan. Lebih-lebih dari delegasi negara China sendiri," ujar Alta.

Ada alasan kenapa program ini disambut antusias. "Bayangkan, ketika di China para perempuan banyak terlibat dalam pekerjaan keras seperti menjadi sopir truk, pekerja bangunan, pengatur lalu lintas, operator alat berat, kita di Aceh, khususnya di Desa Lampulo sudah melibatkan perempuan dalam penentuan perencanaan pembangunan," ujar Alta.

Presentasi program disampaikan Alta Zaini pada 12 April di Sichuan Hotel, Kota Chengdu, China. Acara yang diikutinya merupakan prakarsa International Proverty Reduction Center in China, sebagai representatif dari Pemerintah China.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply