Gelar seminar internasional, FT Unsyiah gandeng YNU Jepang

MEMPERINGATI HUT ke-50 tahun Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jurusan Teknik Kimia bekerja sama dengan Graduate School on Environmental and Information Science Yokohama National University (YNU) Jepang, akan menggelar seminar internasional.

Seminar bertajuk “Chemical Engineering on Science and Applications (ChESA) 2013” itu dijadwalkan berlangsung pada 18-19 September 2013. Direncanakan berlangsung di Auditorium FKIP Unsyiah, Darussalam.

Seminar ini merupakan lanjutan dari seminar sebelumnya yang sudah digelar rutin sejak enam tahun sebelumnya, namun masih berskala nasional. Bertepatan dengan tahun emas Fakultas Teknik tersebut seminar ini diadakan secara internasional.

Ketua panitia seminar Dr. M. Faisal, melalui rilis yang diterima ATJEHPOSTcom hari ini mengatakan saat ini peserta yang sudah mendaftar untuk mempresentasikan hasil risetnya di antaranya berasal dari Jepang, Australia, Malaysia, Thailand, Iran dan lainnya.

Pembicara kunci (Keynote Speaker)di seminar ini adalah  Prof. Koichi Fujie, Prof. Ichiro Naruse, Prof. Hideto Matsuyama, Prof. Kazuhiko Nishi dari Jepang dan Prof. Muhammad Nuh (Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI). Topik yang akan disampaikan pada seminar ini di antaranya bidang Food and Biochemical Engineering, Catalytic Reaction Engineering, Clean Energy Technology, Environmental and Safety Technology, Fundamental of Chemical Engineering and Applied Industry, Industrial Chemical Engineering, Material Science and Engineering, Process and Control Engineering, Polymer and Petrochemical Technology, Agro Industrial Technology, Separation and Purification Technology, Environmental Modeling Environment and Information Sciences, Waste treatment and Management, Material Flow Analysis dan Clean Development Mechanism.

“Dengan cakupan topik yang luas tersebut, diharapkan seminar ini dapat menjadi ajang pertukaran informasi terkini dalam bidang pengembangan ilmu rekayasa kimia (science & engineering) dan ilmu-ilmu lain yang saling berkaitan bagi para peneliti, akademisi dan pihak industri dari dalam maupun luar negeri,” kata Faisal, Senin 16 September 2013.

Menurutnya hingga saat ini, antuasiasme peserta dalam negeri untuk mengikuti seminar ini juga sangat  banyak. Mereka merupakan peneliti dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumatera dan Pulau Jawa di antaranya USU, UNRI, UNIMAL, UNSRI, UNILA, ITB, UI yang sudah menyampaikan 61 paper hasil kajian mereka ke panitia.

Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal, direncanakan membuka seminar ini. Selain itu, Gubernur Aceh juga rencananya akan menjamu seluruh presenter dan panitia seminar sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Aceh pada Selasa malam 17 September 2013, di Pendopo Gubernur Aceh.

“Bagi peserta yang tertarik mengikuti kegiatan ini bisa mendaftar ke 085260119375,” ujarnya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply