Gelang emas berusia 3 ribu tahun dijual Rp7,5 miliar

PARA pengrajin dari 30 abad yang lalu ternyata sudah mampu menciptakan karya luar biasa. Salah satunya adalah gelang emas dengan desain yang rumit.

Gelang tersebut mengandung tiga perempat kilogram emas dengan kemurnian tinggi. Berat total gelang itu sendiri mencapai nyaris satu kilogram.

Biasanya para pengrajin dari zaman besi menggunakan tungku untuk mencairkan emas dan besi. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menciptakan desain berani dengan pola geometris yang rumit.

Kini, gelang tersebut dilelang oleh Balai Christie’s dan laku terjual dengan harga £500 ribu atau setara dengan Rp7,5 miliar. Angka ini lebih besar sepuluh kali lipat dari perkiraan sebelumnya.

"Gelang emas dari zaman besi adalah barang yang spesial dan sangat jarang bagi kami melihat contoh karya pengrajin dari awal zaman besi yang detail di pasaran," ujar ahli barang antik Christie’s, Laetitia Delaloye, seperti dilansir laman Daily Mail.

Sementara itu tidak diketahui siapa yang berhasil mendapatkan gelang tersebut. Sang pembeli hanya menggunakan nama anonymous. [] sumber : viva

  • Uncategorized

Leave a Reply