Gaya Santai Jokowi di Hari Pertama Jadi Presiden

Presiden Joko Widodo menampilkan gaya yang sangat berbeda dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Usai bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Jokowi menghampiri wartawan yang berdiri tepat di sisi Barat ruang depan Istana Merdeka. "Mau nanya apa," kata Jokowi kepada wartawan, Senin, 20 Oktober 2014.

Selama hari pertama kekuasaannya, Jokowi menampilkan gaya kepemimpinan yang sangat santai dan tak ketat protokol. Usai upacara penyambutan, Jokowi menghadiri acara video teleconference dengan memakai kemeja putih lengan panjang. Ia juga berkomunikasi sangat tak formal dengan masyarakat di delapan kota.

Gaya pakaiannya tak berubah saat bertemu PM Singapura dan PM Malaysia. Padahal, biasanya SBY selalu menyambut tamu negara dengan mengenakan jas lengkap. Setidaknya, menggunakan batik lengan panjang.

Soal wawancara, SBY juga bukan presiden yang bersedia menanggapi pertanyaan wartawan tanpa persiapan. Beberapa kali konferensi pers, wartawan harus menyerahkan pertanyaan ke protokoler untuk dibaca SBY sebelumnya. Bahkan, beberapa wawancara atau konferensi pers merupakan bentuk settingan yang diatur Biro Pers Kepresidenan terhadap suatu isu.

Dibandingkan bicara langsung dengan wartawan, SBY juga memilih untuk diwawancara sendiri tim media pribadinya yang kemudian diunggah dalam bentuk video ke media sosial Youtube. Selain itu, SBY juga kerap mengutarakan pendapatnya melalui media sosial Twitter.

"Secepatnya," kata Jokowi saat ditanya soal pengumuman kabinet. | sumber : tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply