Home Gaya Tips Berbusana Kasual untuk Wanita Muslimah

Tips Berbusana Kasual untuk Wanita Muslimah

65
0

Najua Yanti, seorang perancang baju muslim menjelaskan, berbusana Islami itu tidak melulu harus menggunakan satu gaya, sebab nantinya kita bisa jenuh. Bagi yang ingin menggunakan baju Islami namun ingin terlihat kasual dan chic, perlu menciptakan ide-ide segar dalam hal berbusana.

Dalam Islam, wanita muslim memang wajib menjaga auratnya (yakni seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapan tangan) agar tidak terlihat, dan ini adalah aturan yang tidak bisa ditawar. Namun begitu, wanita Islam tentunya masih bisa tampil modis, cantik, dan penuh percaya diri, seperti yang dicontohkan Peggy Melati Sukma atau Oki Setiana Dewi.

“Sebenarnya tidak masalah untuk wanita yang memakai pakaian Islami berpenampilan edgy dan modern. Asalkan, ia tetap mengingat syariat Islam, yaitu bajunya tidak boleh ketat, jangan menerawang, dan harus tertutup,” ujar Najua, ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selama ini, ada kesalahpahaman di masyarakat, bahwa kerudung wanita Islam disebut jilbab. Padahal sebenarnya, jilbab itu adalah baju kurung (pakaian yang menjuntai sampai ke tanah) yang dipakai wanita muslim, dan dikenakan di bawah kerudung. Sementara yang benar, kerudungnya bukan disebut jilbab, melainkan khimar.

Saat ini, berbusana kerudung model kasual tengah diminati remaja. Sebab konon, khimar jenis ini cocok untuk digunakan guna keperluan sehari-hari. Nah untuk potongan jilbabnya, Najua menjelaskan mereka bisa menerapkan cutting yang sederhana. Kita bisa juga memakai semi tunik yang sifatnya longgar seperti kain kaftan, agar wanita penggunanya nyaman.

Bagi wanita berkerudung yang ingin tampil gaya, bisa memakai jilbab dengan potongan hi-lo. Potongan tersebut, dirasa cocok karena akan memberi kesan feminin. Anda juga dapat menggunakan maxi cardi atau long-outer, dengan kombinasi dalaman yang chic.

Namun perlu diingat, untuk memilih baju bagi wanita yang punya aktivitas tinggi, sebaiknya pilih bahan katun. Karena ia bagus menyerap keringat dan tepat untuk dipakai di cuaca panas. Untuk yang mau memakai celana, bisa pilih bahan yang sedikit mengandung polyester. | sumber : viva