Home Gaya Tidur Siang 45 Menit Bisa Kuatkan Ingatan Lima Kali Lipat

Tidur Siang 45 Menit Bisa Kuatkan Ingatan Lima Kali Lipat

44
0

JAKARTA – Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, tidur siang singkat yang berlangsung 45 menit sampai satu jam bisa meningkatkan daya ingat lima kali lipat.

Mahasiswa pascasarjana Sara Studte mengajarkan 90 kata dan 120 pasangan kata yang tidak berhubungan kepada 41 siswa. Setengah dari mereka diizinkan untuk tidur siang setelah menghafalkan kata-kata tersebut.

Hasil dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurobiology of Learning and Memory menyebutkan mereka yang tidur siang memiliki ingatan jauh lebih baik daripada mereka yang tidak.

“Tidur siang singkat di kantor atau di sekolah sudah cukup untuk secara signifikan meningkatkan keberhasilan dalam belajar atau bekerja,” kata Profesor Axel Mecklinger, yang mengawasi penelitian dikutip Dream.co.id dari laman Metro.co.uk, Jumat 27 Maret 2015.

Mecklinger menambahkan, di mana pun orang selama mereka dalam lingkungan belajar, mereka harus berpikir serius tentang efek positif dari tidur.

“Bahkan tidur singkat yang berlangsung 45 sampai 60 menit bisa memperbaiki proses pengambilan informasi dari memori di otak hingga lima kali lipat.” | sumber: dream.co.id