Media Sosial Pengaruhi Hubungan Asmara

MEDIA sosial kini begitu besar peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menjalani hubungan asmara, senang rasanya membagikan pengalaman berkesan atau foto yang menarik ketika sedang menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Namun, kegiatan semacam ini di media sosial pun dapat mengganggu hubungan asmara Anda.

Sara Altschule, pakar asmara di It’s Just Lunch Seattle dan peraih gelar magister di bidang Psikologi Konseling menyebutkan, ada beberapa cara media sosial dapat membantu atau malah menghancurkan hubungan asmara. Apa saja cara yang dimaksud? Berikut uraiannya.

1. Aktivitas yang tidak sesuai
Kebiasaan ini dapat mengganggu hubungan Anda, misalnya ketika pasangan memberikan “like” pada foto yang membuat Anda tak nyaman, komentar tidak sepatutnya, dan perilaku lain di media sosial yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengatakan hal ini pada pasangan. “Jelaskan secara spesifik tentang hal yang Anda lihat dan paparkan alasan mengapa Anda tidak senang dengan aktivitas itu,” jelas Altschule.

2. Pasangan “mengunci” akun
Sah-sah saja bila seseorang tidak membuka akun media sosialnya untuk banyak orang. Namun, apabila pasangan terlalu privat tentang akun media sosialnya, hal ini bisa mencurigakan. “Bisa jadi ia menyimpan sesuatu. Ini bisa menjadi peringatan ketika pasangan tidak mau terbuka soal media sosialnya. Komunikasikan hal ini dengan baik,” imbuh Altschule.

3. Terlalu sering umbar kemesraan
Mengumbar kemesraan di media sosial wajar saja, namun akan berlebihan bila dilakukan terlalu sering. Menurut Altschule, tak ada salahnya sedikit menyimpan hal-hal pribadi dari media sosial meski nyatanya banyak pasangan yang tidak bisa berhenti mengunggah kemesraan mereka. “Bila kemesraan terlalu sering diumbar, angkatlah topik ini dalam pembicaraan,” sarannya.

4. Cari perhatian di media sosial
Ada seseorang yang sering mengunggah foto diri alias selfie. Bisa jadi, pasangan atau Anda sendiri sering melakukannya demi memperoleh perhatian orang lain. Namun, perlu disadari kebiasaan ini bisa membuat orang lain merasa kesal. “Jika Anda merasa pasangan mengunggah foto diri untuk memperoleh perhatian, ini merupakan hal yang terbilang aneh sebenarnya. Harusnya kalau Anda menjalin hubungan, tidak usah sibuk-sibuk mencari perhatian dari orang lain,” tutur Artschule.

5. Selalu aktif di media sosial
Media sosial bisa menjadi masalah kalau sudah merampas kehidupan seseorang. Jika Anda sedang berkencan dan pasangan malah sibuk dengan media sosialnya, ini pasti menjengkelkan. “Beberapa orang bisa begitu terobsesi dengan media sosial dan menjadi kehilangan perhatian dengan apa yang ada di depan matanya,” ujar Artschule.[] sumber: kompas.com