Home Gaya Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur

Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur

44
0

Jakarta – Memiliki kualitas tidur optimal, akan berbanding lurus dengan optimal dan produktivitasnya kehidupan yang Anda jalani. Karena, tidur adalah salah satu elemen penting dalam terjaganya kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kecukupan waktu dan kualitas tidur sangatlah penting. Lantas, apa saja hal yang membuat kita harus menjaga kualitas tidur? Berikut ulasannya, menurut Huffington Post.

Penampilan

Dampak dari kurangnya waktu tidur, akan secara langsung terlihat dari penampilan luar seseorang. Mata merah, kulit kusam, serta bibir kering, adalah salah satu tanda kurangnya kualitas tidur yang dimiliki.

Dengan waktu tidur yang seimbang, akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, serta menghilangkan hormon stres yang bisa berdampak langsung pada penampilan.

Dalam jangka panjang, kurangnya kualitas tidur akan berdampak pada munculnya gejala penuaan dini, yang dimulai dengan keriput dan garis halus yang muncul lebih cepat.

Berat badan

Memiliki kualitas tidur yang buruk, juga bisa memberikan dampak yang signifikan pada berat badan. Pasalnya, kualitas tidur yang tidak optimal, akan merusak kesehatan tubuh, salah satunya sistem metabolisme tubuh. Rusaknya sistem metabolisme tubuh tersebut, kemudian akan membuat tubuh mudah mengalami kenaikan berat badan dan terancam mengalami obesitas.

Siasati hal ini, dengan menerapkan pola tidur yang baik setiap harinya. Pola makan dan rutinitas olahraga yang maksimal, juga bisa mengoptimalkan hasil yang Anda inginkan.

Mood

Pernahkah Anda merasa tak nyaman dan sangat labil ketika kekurangan tidur? Jika ya, segera ubah pola tidur. Sebab, kekurangan tidur juga bisa merusak suasana hati yang dirasakan dalam sehari. Kunci dari masalahnya adalah rasa lelah yang merupakan efek samping dari kurang tidur.

Rasa lelah ini, kemudian akan membuat tubuh kesulitan meregulasi segala emosi yang dirasakan, dan akan menyebabkan perubahan mood drastis. Selain itu, jika terus dibiarkan Anda akan terkena risiko depresi, yang tak baik untuk masa depan Anda.

Kesehatan jangka panjang

Secara keseluruhan, kurangnya kualitas tidur yang dimiliki seseorang, bisa memengaruhi kesehatan jangka panjang orang tersebut. Pasalnya, segala jenis gangguan kesehatan, bisa saja dipicu oleh kualitas tidur yang kurang baik.

Salah satu risiko yang mengancam kesehatan jangka panjang ialah penyakit alzheimer, yang gejalanya baru bisa dideteksi ketika penderita sudah memasuki usia lanjut. Oleh karena itu, tindakan pencegahan adalah solusi terbaik yang seharusnya sudah dilakukan sejak dini.

Caranya mudah, tidur dengan seimbang dan jangan begadang. Selain itu, jaga pola makan dan pertahankan rutinitas olahraga Anda. | sumber: viva.co.id

Foto: Ilustrasi wanita bangun tidur (iStock)