Cara Ketahui Pekerjaan yang Sesuai Minat

JAKARTA — Anda masih seringkali termenung di depan komputer karena mencari kerja sesuai bidang dan minat? Jangan khawatir. Ada beberapa cara menemukannya. Siapkan diri untuk berkarir pada bidang yang Anda suka. Dilansir dari laman careerealism berikut ini adalah langkahnya.

1.Ketahui minat Anda

Apa kegiatan favorit Anda di waktu luang? Tulislah hobi Anda di selembar kertas. Anda akan terkejut melihat betapa banyaknya hal yang Anda sukai dan mampu lakukan dengan baik. Akan semakin baik lagi bila Anda dapat melakukan hal yang disukai setiap hari sebagai pekerjaan Anda.

2.Lakukan tes minat dan bakat

Lakukan tes minat dan bakat yang biasanya diberikan secara gratis di dunia maya. Meski hasil yang diberikan hanya dijelaskan secara umum, manfaatkanlah sebagai informasi tentang keterampilan, minat, dan bakat, serta jenis pekerjaan apa saja yang cocok untuk Anda.

3.Mencari tahu pekerjaan

Mulailah memilih beberapa pekerjaan yang menarik minat Anda. Lalu, tanya deskripsi pekerjaannya pada staf Sumber Daya Manusia (SDM), teman, atau kerabat jauh yang  kenal dengan orang yang pekerjaannya menarik Anda.

4.Manfaatkan jejaring

Hubungi orang-orang yang dapat memberi informasi atau kesempatan pada pekerjaan yang Anda inginkan, seperti teman, saudara, atau mantan rekan kerja. Melalui mereka, perluas pengetahuan Anda tentang ragam karir dan kesempatan dan temukanlah kegemaran baru.

5.Tetap optimis

Sudah melakukan semua cara dan belum juga menemukan pekerjaan yang tepat? Tetaplah positif dan optimis. Isi hari-hari Anda dengan tetap melakukan langkah-langkah yang mendekatkan Anda pada karir impian, misalnya membuka situs kerja dan mengirim lamaran. Yang terpenting, cobalah berada di antara orang-orang yang dapat memacu semangat Anda.[] Sumber: bisnis.com

Foto ilustrasi