Gambar dari Mars Tunjukkan Adanya Kanal Air di Planet Merah

GAMBAR-gambar baru yang luar biasa dari Mars, yang diambil pada tanggal 6 Juni oleh kamera resolusi tinggi stereo pada ESA pesawat ruang angkasa Mars Express, menunjukkan keindahan yang menakjubkan dari permukaan Mars.

Seperti yang dilansir Daily Mail pada Senin 5 November 2012, gambar tersebut juga mengungkapkan tanda-tanda bahwa air merupakan salah satu mineral yang ada di planet merah tersebut. Kanal air juga ada di gletser bawah tanah yang ukurannya sangat besar.

Foto tersebut juga menunjukkan adanya medan kasar dari Montes Nereidum di daerah utara yang menandai tingkat jauh di Argyre, salah satu cekungan terbesar di planet Mars.

Montes Nereidum membentang hampir 1.150 km yang diberi nama oleh astronom Yunani, Eugène dan dicatat oleh Michael Antoniadi (1.870-1944).

Berdasarkan observasi Antoniadi, kanal yang ada di Mars juga pernah dilaporkan oleh Percival Lowell. Namun, kata dia, pada kenyataannya (kanal) itu hanya lah ilusi optik.

Gambar baru yang diambil oleh Mars Express menunjukkan sebagian daerah, menampilkan beberapa fluvial, fitur glasial dan angin-driven. Pola drainase yang luas dapat dilihat ke arah utara (sisi kanan bawah) dari gambar pertama, yang terbentuk saat air cair mengalir ke daerah lebih dalam daerah.

"Di Bumi, rangkaian saluran semacam ini biasanya dibentuk oleh permukaan setelah sering dilanda hujan, atau ketika salju atau es mencair," kata ESA dalam sebuah pernyataan.

"Proses serupa diperkirakan terjadi di Mars di masa lalu, sekarang ilmuwan telah mengetahui adanya air di permukaan Planet Merah."

Beberapa kawah di kawasan ini, terutama di bagian timur (bagian bawah) dari gambar pertama, kata peneliti, menunjukkan konsentris kawah yang menunjukkan proses pembentukan Mars.

Ini ditandai dengan adanya cincin fluktuasi permukaan dalam kawah. Berdasarkan hasil amatan dalam foto tersebut menunjukkan, adanya kemungkinan masih ada es di dalam kawah. Es tersebut berbentuk gletser kuno.

"Dalam studi mendalam tentang daerah seperti Montes Nereidum memainkan peran penting dalam membuka masa lalu geologi dari tetangga terestrial kita, serta membantu untuk menemukan daerah yang menarik untuk penjelajah robot dan manusia di masa mendatang untuk mengunjungi planet itu."[] BOY NASHRUDDIN AGUS | DAILY MAIL

  • Uncategorized

Leave a Reply